Tiba Tiba Kok Suka Sepeda Onthel?

Dulu ketika saya belum menikah, saya punya sebuah sepeda Onthel jenis Heren (laki-laki) yang saya beli dari temen sekampung, namun entah mengapa, sekitar 2 tahun yang lalu, ketika di pakai oleh Bapak saya, tiba-tiba patah pada bagian bawah framenya. Sepeda ini sebenarnya sepeda kenangan, salah satu temen saya mas Heni yang dulu menginspirasi saya untuk mempunyai sepeda Onthel telah meninggal. Sepeda Onthel laki-laki itu saya beli ketika belum ada trend sepeda MTB yang beberapa tahun ini lagi trend dikalangan pesepeda.
Ketika trend sepeda MTB saya pun mencoba beralih ke sepeda MTB dengan membeli MTB Merk WimCycle dan saya pakai beberapa waktu. Namun seiring kesibukan saya malah tidak terlalu lama untuk menggunakan MTB ini, justru saya beralih ke sepeda Motor Nmax yang saya beli di awal Tahun 2016. Saya ikut komunitas motor Nmax tersebut sampai sekarang namun sudah jarang ikut kegiatan, hal ini karena faktor kesehatan dan juga keluarga (momong anak).
Nah sekitar Desember 2017, saya tiba-tiba kepikiran ke Bapak saya karena tidak mempunyai sepeda Onthel karena onthel telah patah framenya, hingga akhirnya saya coba ke Bengkel Mbah Ngatijo salah satu bengkel onthel terkenal di Jogja tepatnya di Jalan Wates Bayeman Yogyakarta.

Ketika saya bawa sepeda onthel tersebut, saya justru ditawari untuk mengganti Onthel saja daripada reparasi, jadi akhirnya saya ambil sepeda Onthel tersebut. Dan entah mengapa saya seperti tersihir saja untuk menyukai onthel yang dulu jadi kenangan saya bersama temen se kampung Almarhum mas Heni.
Dan benar adanya, semenjak membeli onthel untuk Bapak saya tersebut saya kemudian semakin tertarik untuk mencoba belajar tentang Onthel ini dari Mbah Ngatijo dan putranya Pak Margi.

Dan Alhamdulillah saat ini saya menyimpan sebuah sepeda tua yang sudah karaten dan mungkin ga bagus, merk Humber yang sudah saya lengkapi dengan part-part walaupun belum semuanya bisa Original. Dan selama beberapa bulan ini sudah mencoba untuk jual beli juga part Onthel walaupun belum banyak, karena masih tahap belajar.

Nah apa yang membuat saya tiba tiba suka Sepeda Onthel?
Susah juga menjelaskan, saya lebih ke suka saja, soal kenyamanan, dibanding MTB saya suka onthel mungkin karena postur tubuh saya yang tinggi, apalagi sepeda Onthe saya ukuran 24/60 jadi diatas tinggi rata-rata. Jadi nggak tau juga saya jadi pengen melestarikan besi karat yang mungkin tidak banyak orang menyukainya. Benar tidak semua orang menyukainya termasuk anak istri saya. Untuk istri saya, saya coba untuk belikan jenis unta wedok (dames) Merk BSA waktu itu, sudah saya restorasi, cet ulang, perbaiki namun akhirnya saya jual saja karena ternyata istri tidak suka.
Ya sudahlah…

Nah buat anda yang suka dengan Onthel, Yuuk mari saling berbagi mengenai informasi part, sejarah onthel, semoga saya bisa bertambah wawasan dan bisa terus konsisten menekuni dunia besi berkarat ini.