Berhenti Berjualan Online

Kalau sempat membaca baca arsip blog ini, ternyata blog ini sudah berusia 6 tahun, dimulai tahun 2010, lumayan ya masih bertahan untuk sebuah blog pribadi yang bisa di bilang tidak menghasilkan apa apa.  Ya bisa dibilang tidak menghasilkan apa apa karena hanya blog pribadi yang saya gunakan untuk menulis apa saja yang saya suka. Ada beberapa post sih yang merupakan ulasan dari advertiser yang cukup untuk memperpanjang nafas blog ini.

Selama perjalanan ngeblog dari 2010 saya sendiri terjun juga di bisnis online yakni berjualan aneka batik di tahun 2012 dengan sistem dropship, selanjutnya mengambil dari produsen sampai dengan 2015. Banyak suka duka dalam menjalankan bisnis ini, namun ini sekali lagi hanya sampingan dari saya dan istri saya agar dapur bisa ngepul dan wangi aroma makanan hehe. Karena hanya bisnis sampingan tentu tidak beromset seperti temen temen yang focus di bisnis online ini. Namun begitu toh selama 2 tahun di bisnis jualan online ini, cukuplah buat saya untuk mendapatkan rejeki tambahan, kami syukuri itu.

Bisnis online harus focus apabila hal ini menjadi pokok kita untuk mendapatkan penghasilan, hal ini karena kita harus ektra kerja keras mulai dari penyiapan barang, promo sampai pengiriman barang. Bisa saja sih kesemua itu dihandel oleh karyawan yang membantu kita, namun apabila baru tahap merintis usaha online, tentu hal itu akan membutuhkan biaya yang cukup, seperti untuk membayar karyawan tersebut. Dalam hal ini, saya bersama istri selama 2 tahun belum sampai kearah hal itu, ya itu tadi karena kami sadari ini masih sebatas sampingan bagi kami.

Dan akhirnya dengan berbagai pertimbangan, beberapa hari ini kami akhirnya benar benar berhenti dan menghentikan jualan kami termasuk web yang kami gunakan sebagai tempat jualan sudah off dari online.

Semoga kedepan ada pasion lagi untuk kearah yang lebih baik untuk bisa merintis jualan online kembali.

Add Comment

Anti-Spam Quiz: