Sawah Yang Subur Jadi Bangunan Perumahan

Setidaknya ada dua hal yang ditengarai menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan hidup yakni laju pertumbuhan penduduk yang cepat dan juga kemajuan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi.  Pertumbuhan penduduk yang cepat berimplikasi pada ketersediaan lahan yang cukup untuk menopang tuntutan kesejahteraan hidup. Sementara lahan yang tersedia bersifat tetap dan tidak bisa bertambah sehingga menambah beban lingkungan hidup. Daya dukung alam ternyata semakin tidak seimbang dengan laju tuntutan pemenuhan kebutuhan hidup penduduk. Atas dasar inilah, eksploitasi sistematis terhadap lingkungan secara terus menerus dilakukan dengan berbagai cara dan dalih.

Salah satu yang sangat kentara terlihat adalah penjualan sawah sawah pada developer untuk dibangun Perumahan. Banyak sawah dijual karena desakan hidup entah itu untuk biaya masuk sekolah, biaya pembangun rumah  dan lain lain.  Sementara kelanjutannya tidak ada upaya untuk penambahan lahan baru oleh penduduk, karena investasi sawah dianggap tidak menguntungkan sama sekali, lebih baik inves perumahan untuk di kontrakan atau dijual kembali.

Apabila anda adalah penduduk Jogja, tentu tahu bagaimana kondisi didaerah Kasihan Bantul, dimana 5 tahun yang lalu kondisinya masih terlihat sangat asri dengan banyaknya lahan sawah yang masih hijau, namun saat ini kondisinya sangat berbeda. Adanya kampus UMY yang ada di Ring Road Barat Tamantirto Bantul menjadi awal mula berubahnya lahan lahan sawah menjadi bangunan gedung atau perumahan.

Saat ini yang masih gress adalah pembangunan perumahan yang ada di Jalan Bibis yang menghabiskan hampir sebagian besar tanah sawah subur yang menjadi resapan air. Saya meyakini pembangunan ini akan berdampak besar pada kualitas lingkungan ketika hujan. Daerah yang didikan perumahan sebelumnya merupakan daerah tampungan air hujan, nah bisa kemungkinan nantinya limpahan air hujan yang sebelumnya masuk ke daerah tersebut akan meleber ke daerh disekitarnya. Banjir lah… jadinya.

Biarlah jadi PR buat semua, apa akibat dari semua ini.

 

 

Add Comment

Anti-Spam Quiz: