Peduli Pemanis Sehat dengan Gula Aren

Peduli Pemanis Sehat dengan Gula Aren. Selama saya menetap di Jogja selama 18 tahunan saya belum pernah berjumpa dengan pohon aren, padahal di rumah saya yang dulu di Garut tepatnya di Desa Jatisari Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut, hampir tiap rumah ada pohon aren. Mungkin kita sudah lama mengenal pohon aren ini sebagai penghasil gula aren. Namun begitu belum tentu adik-adik dan besok anak cucu kita mengenalnya karena yang sekarang banyak dijual adalah gula pasir.

detail berita

(sumber : okefood.com)

Di seputaran tempat tinggal saya sekarangpun saya jarang tahu ada yang jual gula aren, yang banyak adalah gula jawa yang berasal dari pohon kelapa yang memang tumbuh subur di daerah Kulonprogo pesisir. Jadi untuk gula aren sepertinya sulit dijumpai atau mungkin saya saja yang tidak GAHUL ya jarang ke pasar.  Namun saya sendiri tidak tahu bedanya antara gula jawa yang dibuat dari nira pohon aren dan nira pohon kelapa. Namun ternyata ada perbedaan penyebutan untuk Gula Aren/Gula Jawa ini, saya baca dari OkeFood. Com istilah Gula Jawa itu untuk menyebut Gula Merah dari Nira Kelapa, dan Gula Aren untuk Gula Merah yang terbuat dari Nira Aren, sedangkan untuk Gula Jawa/Gula Aren yang sudah di kristalkan disebut dengan Gula Semut atau Palm Sugar.

Manfaat Pohon Aren dan Pohon Kelapa

Sekilas manfaat kedua pohon ini tidak berbeda jauh mulai dari akarnya, pohonnya, ijuknya, lidinya, daunnya hingga ke buahnya, termasuk ke nira yang akan dijadikan bahan pembuatan gula aren. Buahnya biasanya untuk pohon aren dibuat kolangkaling, sedang buah kelapa untuk santan atau es kelapa muda.

Pemanis Sehat Dengan Gula Aren

Saya paling suka memakan gula jawa/gula aren ini bareng dengan makan singkong, jadinya seperti gethuk telo lah kalo, cuma kalo gethuk langsung dicampur antara gula jawa dan godhokan telonya lha ini campurnya dimulut hehe, uuennaak lho, belum pernah nyoba tho, apalagi di temani NASGITEL wehhh mantaf

Soal pemanis sehat, gula aren diyakini lebih sehat untuk dikonsumsi dibanding gula tebu/gulapasir, hal ini disebabkan zat yang terkandung dalam gula merah jauh lebih sedikit dari gula pasir.  Gula aren menjadi pilihan bagi penderita diabetes, disamping itu gula aren juga berkhasiat menurukan berat badan, hal ini karena ada kandungan lemak tak jenuh yang ada dalam gula aren. Kandungan gizi pada 100gram gula merah antara lain 90 mg kalsium, karoten, laktoflavin dan zat besi. Sedangkan kandungan zat nutrisinya nicotinic acid, niacin, asam folat, vitamin B12, riboflavin, ascorbatic acid, thiamine,  vitamin C, vitamin E, vitamin A, protein, dan garam mineral dan yang paling bagus adalah tidak adanya kandungan kolesterol.

Beberapa khasiat dari Gula Aren ini antara lain menunda penuaan dini (maksudnya biar ga berkerut, tetep aja kalo dah tua mah ada kerutan itu kan TAKDIR ALLAH). Khasiat lain dapat menurunkan panas pada pankreas, menyembuhkan gejala asma, tekanan darah rendah, menyembuhkan anemia,menguatkan jantung,  typhus, batuk, deman, pertumbuhan anak, dan menguatkan gigi

Kepraktisan

https://lh6.googleusercontent.com/nvQCkPfcsoM4n83b9Fo6CV4BBo0u-DFJn1CAeiYrTyk=w227-h213-p-no

Gula Aren yang sudah di kristalkan biasa disebut Gula Semut adalah salah satu produk Gula Aren untuk kepraktisan. Keunggulannya adalah karena sudah dikristalkan menjadi mudah larut dan tahan lama karena kering. Gula Semut ini sering digunakan dalam jamu atau minuman hangat, adonan roti, kue, serta menjadi gula taburan sebagai pengganti gula pasir. Saat ini ada juga yang dibuat praktis cair yakni menggunakan kemasan botol kaca yang bisa dioleskan pada roti sebagai pengganti selai.

Namun sampai saat ini saya belum menggunakan sepenuhnya Gula Aren ini, yang paling sering adalah gula jawa itupun masuk dalam masakan sebagai Bumbu, semoga kedepan bisa mengkonsumsi ini, apalagi di umur saya yang rentan kolesterol tinggi serta diabetes akibat banyak konsumsi pemanis tidak sehat.

Semoga bermanfaat

Ikutan menulis tentang Pemanis Sehat Yuukk

Banner Peduli Pemanis sehat Lomba Blog Peduli Pemanis Sehat.

2 Responses

  1. lozz akbar 3 years ago
  2. Menulislah.Com 3 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: