Bangun Dulu, Amdal Belakangan

Ketika sore hari lihat berita salah satu stasiun tv lokal Jogja, saya sedikit terkejut ketika ada berita mengenai Launching GroundBreaking salah satu Apartemen yang akan di bangun di Jogja. Tidak perlu saya sebutkan Nama Apartemen yang akan dibangun tersebut. Saya terkejut karena saya tahu bahwa salah satu syarat proses perizinannya belum selesai. Wallahualam saya tidak tahu mengapa bisa tetap meneruskan pekerjaan proyek tersebut.

Indonesia, ya negri dengan segudang aturan yang di buat oleh Yang Terhormat memang sudah parah soal pelanggaran Aturan, salah satunya adalah peraturan lingkungan Hidup. Undang-Undang Lingkungan Hidup yang baru Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan sudah jelas jelas mengatur ” Setiap usaha dan/atau kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan hidup wajib memiliki amdal” so artinya sebelum dibangun mestinya di buat dulu dong Dokumen Lingkungannya, kalo nanti wajib Amdal ya dibuat Amdal kalo cuma wajib UKL-UPL ya di buat dokumen UKL-UPL nya.

Izin mendirikan bangunan

Kalo tidak salah di Kota Yogyakarta sangat ketat mengenai Izin ini, kalo kita membangun / konstruksi tanpa ada izin ini, so pasti bakalan kena razia Pol PP tuh, lantas di Kabupaten Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul bagaimana? Nah itu dia yang saya kurang tahu, beberapa usaha yang membangun duluan tersebut lokasinya berada di 4 Kabupaten tersebut. Kalo sudah begini terus piye?

Dokumen Lingkungan itu kan dibuat untuk mengetahui dampak dampak yang akan muncul kalo suatu usaha akan didirikan, lha kalo ga ada dokumen lingkungannya terus langsung dibangun, terus kita akan tahu cara kelola dan pantau dampak yang muncul bagaimana? Atas nama Investasi, mungkin itulah yang mendorong kecenderungan banyak di segerakan membangun usaha walaupun belum dilengkapi dengan dokumen.

Jadi jangan kaget bisa nantinya Jalur Jogja Solo mulai dari Bandara Maguwo sampai Jalan Godean, arah ketimur maupun ke barat akan macet total karena penambangan Apartemen/Mall, karena sekarang saja hanya ada Ambarukmo Plaza, Lippo Mall, dan Komplek Pertokoan Uripsumoharjo sudah macet, apalagi besok.

Ketentuan Pidana Dinggo Sopo?

Setiap usaha dan/atau kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan hidup wajib memiliki amdal itu artinya kalo mau mbangun ya Amdal dulu, terus ngurus Izin Lingkungan, baru deh konstruksi. Ini sangki Pidana yang seharusnya ditakuti

Setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 ayat (1) ( Setiap usaha dan/atau kegiatan yang wajib memiliki amdal atau UKL – UPL wajib memiliki izin lingkungan) , dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling sedikit Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah)
Lha wong ya ngga ada yang berani mempidanakan kok, ya terserah saja, mbangun dulu Izin Belakangan?

Add Comment

Anti-Spam Quiz: