Ngomongin HIV Aids with KPA DIY

Baru sempat nulis tentang ini sekarang, padahal pelaksanaannya udah agak lama nih, gpp lah.

Komunitas Blogger Jogja (KBJ) pada tanggal 25 Agustus 2013 lalu mengadakan kopdar bulan Agustus sekaligus mengadakan diskusi mengenai ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) dengan pemateri dari anggota Komisi Penanggulangan AIDS Yogyakarta (KPA DIY). Tema Aids nampaknya menjadi faktor beberapa temen semangat mengikuti Kopdar kali ini, walaupun dari sisi peserta belum sesuai target yakni 50 yang hadir 30 org karena banyak yang izin.

KPA DIY ngajak Blogger Jogja untuk  sosialisasi HIV & AIDS secara detail mulai dari apa itu HIV AIDS, bagaimana cara penyebarannya, cara penanggulangannya. Dan salah satu point pentingnya adalah mengenal,  memahami dan melihat fakta stigma negatif tentang ODHA.

Hadir dari KPA DIY Mbak Runie lalu Mas Yusuf Kusumo Nugroho dari LSM Vesta dan mbak Diah dari LSM Victory Plus. LSM Vesta ini  LSM yang berkonsentrasi pada pencegahan HIV/AIDS pada laki-laki. Sedangkan LSM Victory Plus berkonsentrasi  pendampingan bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Dari penjelasan Narasumber banyak hal yang bisa saya serap pemahaman mengenai HIV Aids ini. Yang pasti sering salah kaprah bahwa penderita Aids itu adalah orang nakal yang sering jajan dan pergaulan bebas, ternyata tidak juga, ada yang justru karena ketidaktahuan. Nah point penting lainnya adalah pendampingan terhadap orang yang sudah terkena HIV Aids ini yang sedang digalakan oleh KPA DIY dan LSM, dimana kita tidak perlu takut dengan ODHA. Mereka butuh penyemangat untuk hidup mereka.

Saya tidak bisa menjelaskan tentang HIV Aids ini dengan detail, silahkan download saja di link dibawah ini

https://docs.google.com/file/d/0B_eZDZpTBU64cU1JQnhLQkdrRVE/edit?usp=sharing

Semoga bermanfaat

One Response

  1. dindin amel 4 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: