Belajar Keprotokalan – Rehat Sejenak dari AMDAL

Belajar Keprotokalan – Rehat Sejenak dari AMDAL. Dua hari ini saya sedikit refreshing dari kegiatan rutin Offline saya yakni berkutat disekitar dokumen lingkungan (AMDAL). Saya ditugaskan oleh atasan untuk mengikuti pelatihan keprotokolan. Sebenarnya sih ga nyambung juga, namun ya karena sudah tuntutan pekerjaan harus dijalankan.

blogger nusantara

Bagi kita orang awam mungkin yang dimaksud protokol adalah MC bener ga? Ada benernya namun ternyata Keprotokolan tidaklah semudah MC yang membawakan acara sebuah seremonial, lebih dari itu. Baru 2 hari saya belajar, ternyata keprotokolan itu mencakup semua hal yang harus dipersiapkan dalam sebuah acara resmi atau kenegaraan.

Definisi Protokol menurut  Pasal 1 ayat (1) UU Nomor 9 Tahun 2010

“Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam Negara, pemerintahan atau masyarakat.”

Nah banyak kan yang harus dipelajari mulai dari tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan. Yeah… Tadinya saya pikir bisa relax, namun ternyata banyak juga yang harus dipelajari.

Namun dengan pelatihan ini saya jadi tahu betapa tidak semudah yang kita bayangkan ketika mengatur sebuah upacara / kegiatan yang melibatkan pejabat dan banyak orang.

Semoga tambah refresh dan tambah ilmu khususnya mengenai Keprotokolan ini, mohon maaf saya tidak uraikan yang banyak, silahkan googling saja apabila ingin mengetahui mengenai Keprotokolan.

Terima kasih

 

 

Add Comment

Anti-Spam Quiz: