Pengertian UKL UPL

 Lingkungan

Pengertian UKL UPL.  Dalam kesempatan sebelumnya kita tulis mengenai Pengertian Amdal, kali ini kita share mengenai Pengertian UKL-UPL. Apa perbedaan antara Amdal dan UKL-UPL? Sesuai PP 27 Tahun 2012, Pengertian UKL-UPL adalah :

Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup, yang selanjutnya disebut UKL-UPL, adalah pengelolaan dan pemantauan terhadap Usaha dan/atau Kegiatan yang tidak berdampak penting terhadap lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan Usaha dan/atau Kegiatan.
Lantas dimanakah perbedaannya dengan Amdal?
Pengertian Amdal
Perbedaanya terletak pada dampak penting yang dihasilkan, nah untuk memudahkan apakah suatu rencana usaha dan atau kegiatan yang akan dibangun tersebut memerlukan Amdal atau UKL-UPL, kita bisa membacanya dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2012 tentang Jenis Usaha dan atau Kegiatan Yang Wajib di Lengkapi dengan Amdal.
Jadi apabila anda ingin membangun suatu usaha, silahkan cocokan dengan aturan diatas, setelah itu akan diketahui apakah wajib Amdal atau hanya UKL-UPL
Demikian sekilas Pengertian UKL-UPL, semoga bermanfaat

Author: 

2 Responses

  1. bede04/03/2013 at 2:19 PMReply

    jadi jangan asal bangun ya? Di sini (bandung) malah banyak bangunan liar yang didirikan oleh keluarga pendatang dari luar jawa yang berprofesi sebagai sopir angkot….

    • Author

      mas tony06/03/2013 at 3:55 AMReply

      Ya bener, semua ada aturannya, yang jelas biasanya banyak yang melanggar bangun duluan baru ngurus ijin

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: