Pengertian Amdal

Pengertian Amdal. Mungkin diantara anda semua belum mengetahui mengenai pengertian Amdal. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012, Pengertian Amdal adalah Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup, yang selanjutnya disebut Amdal, adalah kajian mengenai dampak penting suatu Usaha dan/atau Kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses  pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan Usaha dan/atau Kegiatan.

Usaha dan atau kegiatan disini yang dimaksud adalah segala bentuk aktivitas yang dapat menimbulkan perubahan terhadap rona lingkungan hidup serta menyebabkan dampak terhadap lingkungan hidup

Dampak Penting sendiri adalah perubahan lingkungan hidup yang sangat mendasar yang diakibatkan oleh suatu Usaha dan/atau Kegiatan.
Pengertian Amdal
Dokumen AMDAL terdiri dari 4 Dokumen yaitu :
  1. Kerangka Acuan adalah ruang lingkup kajian analisis dampak lingkungan hidup yang merupakan hasil pelingkupan.
  2. Analisis Dampak Lingkungan Hidup, yang selanjutnya disebut Andal, adalah telaahan secara cermat dan mendalam tentang dampak penting suatu rencana Usaha dan/atau Kegiatan.
  3. Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang selanjutnya disebut RKL, adalah upaya penanganan dampak terhadap lingkungan hidup yang ditimbulkan akibat dari rencana Usaha dan/atau Kegiatan.
  4. Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup, yang selanjutnya disebut RPL, adalah upaya pemantauan komponen lingkungan hidup yang terkena dampak akibat dari rencana Usaha dan/atau Kegiatan.
Demikian Pengertian AMDAL yang dimaksudkan, semoga bermanfaat

One Response

  1. Dhimas Kirana 4 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: