Hari Peduli Sampah 21 Februari 2013, Apa Langkah Nyata di DIY

Hari Peduli Sampah 21 Februari 2013, Apa Langkah Nyata di DIY. Tanggal 21 Februari 2013 diperingati sebagai Hari Peduli Sampah. Hari peduli sampah yang jatuh pada tgl. 21 Februari , merupakan tanggal terjadinya tragedi longsornya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Leuwigajah yang menelan korban jiwa sebanyak 141 warga, akibat terkena longsoran sampah. Peristiwa tsb.menjadi moment lahirnya Undang-Undang No. 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Sampah bukan lagi hanya menjadi masalah lokal, regional atau nasional, tetapi bahkan sudah menjadi masalah internasional. Dengan adanya UU No. 18, maka ada perubahan yang mendasar pada paradigma pengelolaan sampah. Sebelum ada UU, sampah dikelola hanya dengan cara : kumpul, angkut, buang ke  TPA, lalu dilupakan.  Cara pengelolaan sampah tsb.ternyata rawan terhadap bencana sosial dan lingkungan. Di samping dapat membahayakan lingkungan,  jiwa manusia, juga dapat menimbulkan potensi konflik horisontal antar : sesama warga, warga dengan pemerintah dan antar pemerintah itu sendiri.

Pengelolaan sampah merupakan kewajiban setiap orang penghasil sampah, bukan hanya masayarakat, tetapi juga perkantoran pemerintah dan swasta, kawasan komerisal, kawasan khusus, kawasan industri, pada fasilitas umum dan fasilitas sosial serta fasilitas lain termasuk kawasan pariwisata.

Dalam hal pengelolaan sampah, BLH DIY telah membentuk  Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) DIY : “Merti Boemi Lestari” pada bulan Mei 2009. Sejak awal tahun 2009 sudah mulai menumbuhkembangkan bagaimana cara mengelo sampah secara ramah lingkungan.  Produk-produk yang dihasilkan dari komunitas berupa : kompos, kerajinan, briket arang dll, perlu mendapat dukungan dari kita semua. Tidak ada salahnya, apabila Pemerintah Daerah memfasilitasi pemasaran produk-produk mereka, karena di samping dapat mengurangi volume sampah, juga dapat menciptakan lapangan kerja ekonomi kreatif bagi komunitas JPSM

Di DIY direncanakan akan diperingati dengan bertempat di Taman Budaya Yogyakarta. Tema lokal peringatan hari peduli sampah 2013 adalah :”Ayo Pilah dan Olah Sampah, Guna Mewujudkan Jogja Bersih”.

Rencana Kegiatan yang akan dilaksanakan  Konsultasi sampah menyediakan 8 obyek/item yaitu: 1) Kreasi daurulang sampah, 2) Briket Arang Sampah, 3) Pakan Ternak Silase Sampah, 4) Pengolahan Plastik menjadi minyak, 5) Pengolahan Styrofoam, 6) Bank Sampah, 7) Kerajinan Daur Ulang Sampah dan 8) Pengomposan dan Pemanfaatannya.

Sumber : BLH DIY

3 Responses

  1. joogja circles 5 years ago
  2. MyFA 5 years ago
  3. Jefry 5 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: