Moment di Hari Bumi

Hari ini tepat tanggal 22 April 2012 dimana diperingati sebagai Hari Bumi. Sebagai manusia yang menempati bumi tentu kita seharusnya peduli dengan Bumi ini. Wujud kepedulian itu bisa bermacam-macam sebagaimana kepedulian kita pada sesuatu yang kita sayangi dan memberikan tempat kita berlindung.
Hari ini saya bersama temen-temen Komunitas Blogger Jogja dan Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jogjakarta bersama-sama mengadakan acara memperingati hari Bumi ini. Sebenarnya yang berperan disini adalah WALHI Jogja karena kebetulan saja hari ini Komunitas Blogger Jogja mengadakan KOPDAR Rutin jadi dibuat sebuah rangkaian acara KOPDAR sekaligus memperingati hari Bumi.

Acara hari ini dimulai dari UGM dimana Sahabat Lingkungan WALHI DIY melakukan Kampanye Hari Bumi. Kampanye diisi dengan pameran kecil tentang kerusakan bumi, Calculator Carbon, Sulap dan Performance dari salah satu SMK di Bantul.
Walaupun sangat disayangkan, diantara ratusan orang yang hadir di sekitar kampanye banyak yang kurang peduli dengan adanya hari Bumi ini (menurut dugaan saya sih, semoga tidak benar.
Acara kemudian dilanjutkan di sekretariat WALHI DIY di Kota Gede dimana di sana diadakan KOPDAR Komunitas Blogger Jogja. Di WALHI sendiri ada sebuah acara yang menarik yakni Ijolan Sampah.

Ijolan sampah sendiri adalah sebuah kegiatan dimana masyarakat sekitar bisa membawa sampah yang ada dirumah masing-masing dengan berbagai kriteria untuk dilakukan penukaran dengan berbagai barang seperti baju dan aneka mainan. Acara ini cukup membuat warga antusias dimana banyak yang hadir di acara tersebut dan membawa berbagai macam sampah.
Untuk acara KOPDAR diisi dengan Acara sharing kegiatan dan sharing dari temen-temen WALHI dimana ada satu komunitas (tidak mau disebut komunitas) yakni Jogja Last Friday Ride dan dari Sahabat Lingkungan (SHALINK) Walhi Jogjakarta.

Ya paling tidak kita sebagai blogger juga bisa peduli dengan bumi dan berbuat sebaik mungkin menjaga bumi ini dari pencemaran dan kerusakan.

Salam

One Response

  1. tomi 5 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: