Mirrorless Camera – Pengertian dan Jenisnya

Mirrorless Camera – Pengertian dan Jenisnya

Mungkin diantara temen-temen semua ada yang belum mengenal camera jenis ini, termasuk saya sendiri. Selama ini kita mungkin hanya mengenal 3 jenis yakni Camera DSLR, Pocket dan Prosumer. Nah ternyata ada jenis baru yakni Mirrorless Camera.

Mirrorless Camera ini merupakan representatif gabungan antara DSLR dan Pocket Camera. Namun untuk menjabarkan pengertian Mirrorless Camera ini kita harus memahami dulu pengertian dan prinsip kerja DSLR Camera. Prinsip kerja DSLR camera adalah ketika lensa menangkap cahaya masuk kedalam tabung lensa, dipantulkan oleh cermin/mirror ke prisma dan ditangkap oleh viewfinder/jendela bidik. Saat tombol shutter (rana) pemotretan dilakukan cermin terangkat dan cahaya dilanjutkan sampai menggapai sensor. Nah berbeda dengan Mirrorless Camera, camera ini bekerja tanpa cermin pemantul / prisma, sehingga camera bisa lebih kompak. Cahaya yang melalui lensa ditangkap oleh sensor dan langsung tampil di LCD. Jadi prinsip kerja Mirrorless Camera lebih pada sensor. Namun demikian camera jenis ini di klaim mempunyai kemampuan setara dengan DSLR Camera.

Banyak pabrikan yang telah merilis Mirrorless Camera ini diantaranya Panasonic GF, Olympus PEN, Sony NEX, Fujifilm X, Samsung Nx, Nikon 1. Dan jenis Mirrorles Camera ini sepertinya akan terus berkembang karena mengusung konsep simple, ringan, kompak, canggih dan fashion.

Penggunaan DLSR Camera yang terlalu ribet dan membutuhkan pemahaman fotografi dari dasar sampai tuntas tentu akan menjadi pertimbangan beberapa orang untuk mencoba jenis Mirrorless Camera ini.

Selamat mencoba bagi yang mampu beli.

2 Responses

  1. Yamin Ashari 5 years ago
  2. zerst 5 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: