Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Apa yang dimaksud konten lokal buatan Indonesia? Apabila kita merujuk dari Wikipedia dimana arti kata konten adalah segala informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik yang biasanya di distribusikan melalui media internet,televisi dan sejenisnya, itu artinya konten lokal buatan Indonesia adalah segala informasi berupa text,video,gambar atau produk elektronik lainnya yang  dibuat oleh masyarakat lokal Indonesia, bener ga?

Apabila memang benar begitu artinya, karya anak bangsa yang selama ini sudah dibuat misalnya film si Unyil yang sampai sekarang masih begitu melekat di telinga dan mata kita adalah salah satu konten lokal buatan anak negeri yang sukses. Untuk saat ini ada beberapa karya anak bangsa yang patut kita banggakan sebagai konten local buatan Indonesia yang bikin bangga diantaranya adalah Anti Virus Artav yang dibuat oleh Arrival Dwi Santosa, situs jejaring sosial islami, salingsapa.com yang dibuat Muhammad Yahya Harlan serta   game edukasi untuk anak-anak  yang dibuat oleh Fahma Waluya Rosmansyah dan adiknya Hania. Semua itu merupakan konten karya anak bangsa yang patut mendapat apresiasi dan dukungan.

Negara kita Indonesia adalah Negara yang mempunyai falsafah dan budaya yang luhur, walaupun dalam implementasinya sekarang mungkin budaya-budaya banyak yang terkikis oleh perkembangan informasi dan teknologi yang semakin maju, salah satunya adalah budaya bertutur sapa yang baik. Apabila anda perhatikan apa yang diajarkan dalam film si Unyil, semuanya mengandung ajaran baik untuk anak-anak kita mulai dari tutur sapa, pemakaian baju atau pakaian yang tentu saja hal itu berpengaruh pada kita yang menyaksikan tayangan film tersebut.

Memang tidak semua budaya luar itu negative, namun alangkah baiknya kita sendiri yang mempunyai budaya luhur untuk mempertahankan dan sekaligus mengembangkan budaya kita sendiri melalui pembuatan konten-konten lokal yang berkualitas dan diakui dimana dunia.

Ya lantas siapa yang harus mendukung dan mengembangkan? Ya tentu saja kita sendiri sebagai warga, diantaranya adalah bangga menggunakan hasil karya buatan Indonesia.

Kenapa Harus Konten Lokal Buatan Indonesia?

Ada sebuah pertanyaan yang cukup bagus kenapa harus konten lokal buatan Indonesia?

Jawaban gampangnya ya tentu saja dengan konten lokal buatan Indonesia, kita menghargai karya anak bangsa dan bisa mengangkat nama Indonesia di mata Internasional.

Namun menurut saya lebih dari itu, dengan adanya konten lokal buatan Indonesia akan memacu kreatifitas anak-anak cerdas Indonesia, sebagai contoh setelah Film Petualangan Serina, baru baru ini muncul Film Laskar Pelangi yang booming beberapa waktu lalu hingga saat ini dibuat series nya di salah satu stasiun televisi nasional bahkan menjadi salah satu wahana live perform di wahana wisata di Jakarta.  Yang paling membanggakan ketika game edukasi yang dibuat Fahma Waluya Rosmansyah  dibeli oleh vendor Nokia dan diberikan royalty atas hasil karyanya, hal ini akan membantu membangkitkan semangat untuk selalu berkreasi.

Dengan demikian dibutuhkan peran serta seluruh lapisan masyarakat Indonesia sendiri untuk member dukungan agar tercipta konten-konten lokal yang berkualitas seperti dengan memberikan biaya untuk riset, beasiswa untuk studi lebih lanjut dan member kemudahan dalam pengurusan hak cipta yang mereka hasilkan.

Salah satu upaya nyata dukungan penggunaan konten lokal buatan Indonesia adalah dalam teknologi seluler yang saat ini sedang digalakkan oleh XL. Banyaknya pengguna telepon seluler yang hampir mencapai 50 juta pengguna merupakan dukungan potensial yang bisa mengangkat konten lokal.
XL Axiata
XL saat ini hadir dengan berbagai konten lokal buatan Indonesia

XL Game

RBT Musik

XL menyediakan lagu-lagu lokal Indonesia sehingga bisa memanjakan pengguna operator seluler yang ingin mengaktifkan RBT lagu-lagu favorit mereka sebagai wujud kecintaan pada musisi nasional.

SMS Content XL

Pada konten SMS content ini, XL menghadirkan 9 jenis konten yaitu sms Murah, Obral, Bonus, Muslim, Gema Maher Zain, Moto GP, Vierra, Libur  dan Ied Mudik.

Nongkrong Seru

Fasilitas para onliner yang suka nontong di jejaring sosial atau maniak chatting. Ada beberapa konten yang dihadirkan antara lain : SMS Facebook, XL Funbook, Xpressive SMS, m.facebok.com, eBuddy, Y! SMS, SMS Twitter, X-TRA Gratis dan Nokia Messaging.

Layanan Seru (Life Tools, Voice&Video)

Cukup 1 aplikasi untuk akses ke Facebook, Twitter, baca berita Detik.com, gosip artis dari KapanLagi dan masih banyak lagi bisa diakses dengan hanya menggunakan layanan XL Blast. Bagi yang suka baca buku, majalah, koran digital bisa memanfaatkan layanan XL Baca. dan masih banyak lagi silahkan pelajari di Layanan Seru.

Bagi saya sendiri diantara berbagai konten local yang ada, usulan saya adanya konten video asli Indonesia, maksudnya sebagaimana saya sampaikan diatas bahwa karya anak negeri yang beberapa waktu lalu booming adalah Film Laskar Pelangi yang mengangkat kehidupan asli Indonesia bisa diakses melalui telepon seluler. Nah dengan adanya konten video asli tersebut dapat mengangkat film Indonesia yang akhir-akhir ini banyak diisi dengan film berbau horor yang tentunya kurang mendidik generasi muda Indonesia. Konten video ini juga bisa diisi dengan berbagai video pertunjukan seni asli budaya kita semacam wayang online, jadi kita bisa menikmati nonton wayang yang selama ini banyak ditinggalkan anak-anak muda bisa dilihat melalui telepon seluler. Disamping masih perlunya konten RBT asli Indonesia sebagai upaya pengurangan pembajakan karya musisi Indonesia dan bisa meningkatkan kecintaan terhadap lagu-lagi karya musisi Indonesia.

Sebagaimana saya tuliskan diatas salah satu karya anak negeri yang laen adalah game edukasi untuk anak-anak, saya beranggapan konten game ini juga bisa dipertahankan dengan mengusung game-game buatan local dan yang mengedukasi anak-anak.

Dengan hadirnya konten-konten tersebut membawa manfaat untuk bangsa Indonesia, sehingga kita wajib mendukung hadirnya konten-konten local buatan Indonesia.

image : hiburan.kompasiana.com

4 Responses

  1. R Verry Kurniawan 5 years ago
  2. dHaNy 5 years ago
  3. waloetz 5 years ago
  4. Carcino 5 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: