Dukung Konten Indonesia (yang aseli)

Dukung Konten Indonesia (yang aseli)

stop bajakanBeberapa hari ini di sekitar Jogjakarta akan sulit mendapatkan CD/VCD maaf (bajakan), yang biasanya banyak dijumpai disekitaran Malioboro semua terlihat tertutup bahkan sampai di daerah Bantul juga demikian, walapun mungkin sesaat karena ada razia dari aparat. Namun sesungguhnya  hal ini akan berakibat baik pada penghargaan atas hak cipta, terlepas bahwa CD bajakan itu memang murah dan terjangkau rakyat kecil.

Adanya konten Indonesia yang legal dalam RBT, download music, Video asli sebenarnya menjadi salah satu solusi adanya pembajakan ini, namun tentu saja harus dibarengi dengan upaya rutin dari aparat untuk tetap terus meminimalisir peredaran yang bajakan ini. Memang hal ini tidak mudah, pasti urusan perut menjadi salah satu penyebabnya. Namun demikian apabila hal ini tetap terus, tentunya akan merugikan pihak yang menciptakan karya dengan susah payah.

Beberapa waktu lalu ada wanaca kalo aka nada penghapusan RBT, namun sepertinya justru akan mematikan kreatifitas karena ketika seorang menciptakan suatu karya. Bagi pencipta  yang ada dalam benak mereka adalah bayangan pembajakan yang luar biasa, sehingga penghargaan yang diterima tidak sepadan. Tentu adanya konten asli Indonesia melalui RBT, download music dan lain-lain ini harus juga di memperhatikan kocek orang –orang pas-pasan, artinya tarif yang diberlakukan untuk RBT, download music asli ini harus terjangkau, sehingga masyarakat yang ingin menikmati karya yang anak bangsa bisa mendapatkan dengan legal.

Akan banyak keuntungan apabila hal ini bisa terealisir :

  1. Pencipta akan dihargai karya originalnya
  2. Anak bangsa akan terus berkreasi dengan semangat karena yakin akan dihargai
  3. Masyarakat mudah mengakses dan mendapatkan dengan legal
  4. Masyarakat akan terbiasa memakai /menikmati karya dengan legal/bukan bajakan
  5. Berkurangnya peredaran konten bajakan
  6. Pendapatan pajak untuk pemerintah akan meningkat tentunya.

Semoga bisa terwujud.

Image : elvrace.multiply.com

 

2 Responses

  1. bro eser 6 years ago
  2. blogger jelek 6 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: