Semangat, Kreatif dan Cinta Lingkungan

Semangat, Kreatif dan Cinta Lingkungan

simbol recycle

Persoalan lingkungan hidup saat yang paling banyak adalah sampah Sampah adalah konsekuensi dari adanya kegiatan kita manusia. Coba tengok ke rumah kalian semua berapa banyak sampah yang dihasilkan setiap hari. Yang pasti setiap aktifitas kita pasti menghasilkan sampah. Ketika kita abis belanja mungkin di supermarket, kita akan terbebani dengan kanton-kantong plastik bungkus detergen, minuman ringan, dan lain-lain yang harus kita buang ketika udah habis isinya.

Jumlah sampah akan setara dengan tingkat konsumsi kita terhadap barang (material) yang kita gunakan sehari-hari. Jenis sampah pun sangat tergantung dari jenis dan bahan material yang kita konsumsi sehari-hari.

Secara umum, jenis sampah dapat dibagi 2 yaitu sampah organik biasa juga kita sebut sampah basah dan sampah anorganik kita sebut sampah kering. Sampah basah adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup, seperti daun-daunan, sampah dapur, dll. Sampah kering, seperti kertas, plastik, kaleng, botol, besi dll.

Untuk mengatasi sampah tersebut banyak dilakukan metode pengelolaan. Metode pengelolaan sampah yang paling populer adalah daur ulang , yaitu mengumpulkan dan menggunakan kembali sampah yang dibuang, contohnya botol bekas pakai yang dikumpulkan kembali untuk digunakan kembali. Pengumpulan bisa dilakukan dari sampah yang sudah dipisahkan dari awal (kotak sampah/kendaraan sampah khusus), atau dari sampah yang sudah tercampur.

Sampah yang biasa dikumpulkan adalah bekas botol plastik minuman. Berbagai kegiatan untuk melakukan daur ulang bekas botol minuman diantaranya di buat aneka barang daur ulang seperti tas, vas bunga, lampion yang bernilai jual kembali. Didalam proses daur ulang tersebut ada satu hal yang menarik. Kalo dari sisi lingkungan hidup jelas, dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu pengelolaan sampah yang kian hari kian menggunung. Namun satu hal lagi yakni sisi kreatifitas. Ya sisi kreatifitas dituntut dalam hal ini agar barang-barang bekas tadi mempunyai nilai jual yang tinggi.

Nah ngomongin masalah kreatifitas daur ulang botol minuman, Mizone lagi bikin lomba kreatif membuat suatu karya dari sisa minuman Mizone.

Hadiahnya keren lho yakni Kamera LOMO.

Jadi buat dapetin kamera lomo ini kalian harus berlomba jadi yang paling kreatif dalam membuat sebuah hasta karya hasil sisa botol minuman mizone.

Gak susah kok cukup beli aja 2 atau lebih mizone, terserah rasa apa yang disukai wong yang dipake bekas botolnya kok, abisin tuh air mizonenya. Gimana rasanya, jadi 100% semangat kan! Pasti langsung dapet ide brilian.

Eh botolnya jangan di buang dulu, nah botol-botol itu bikin jadi hasil karya kalian yang unik kayak bikin tempat pensil, lampu atau celengan dari hasil botol bekas minumain mizone.

Kalo udah foto aja hasil karya kalian dan kirim ke websitenya mizone.

Gampang kan!.

Setiap peserta dapat mengirimkan foto karya sebanyak-banyaknya (ukuran foto maks. 150KB), tapi hanya mempunyai 1 (satu) kali kesempatan untuk menang. Penilaian dilakukan dengan 2 cara :

  1. Jumlah voters – Share foto hasil karya kamu di FB dan twitter dan ajak semua teman kamu untuk vote karya kamu ya!
  2. Kreatifitas – Seberapa unik dan kreatif karya kamu

Oh iya ini hasil karya saya dan anak saya, nih gambarnya

Gimana lucu ga? Hehehe

Jadi kita dituntut untuk kreatif membuat suatu produk yang berguna dari sampah plastik minuman. Ayo cepetan ikutan, jangan lupa vote juga untuk karya saya diatas ya. disini

Oh iya untuk inspirasi buat ikutan, nih ada video menarik :

6 Responses

  1. Aldio 5 years ago
  2. kombor 5 years ago
  3. ronexs 5 years ago
  4. Wayan Sukerta 5 years ago
  5. rafid 5 years ago
  6. muhammad fadhly nur'aunillah 5 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: