Nasehat Hidup dalam makanan bernama APEM

 Jogjaku, kehidupan

Nasehat Hidup dalam makanan bernama APEM

Beberapa waktu lalu saya telah menuliskan Nasehat Hidup dalam kemasan KUPAT, kali ini saya tuliskan nasehat hidup Masyarakat Jawa yang tersirat dari sebuah makanan tradisional bernama APEM. Mungkin sebagaian dari anda belum mengenal APEM.  Apem adalah makanan yang terbuat dari terigu, telur dan santan juga telur dapat di beri rasa sesuai selera biasanya rasa nangka yang saya suka. Kalo mau buat bisa buka ni caranya.

Saya tidak akan membahas mengenai rasa APEM, namun makna yang terkandung dalam APEM tersebut dalam masyarakat Jawa.  Dalam bahasa Arab dimaknai sebagai Afuum yang artinya Gusti Allah sayekti paring pangapuro lan pangayoman.

“Duh Gusti Allah, mugi Paduka paring pangapuro tuwin pangayoman dating kawula, ugi nyenyuwun amrih tinebihna saking hawa nafsu, saha cinaketna dhateng bagaswarasing lair lan bathin kawula” Artinya Ya Allah semoga Engkau member maaf serta perlindungan kepada kami, kami mohon dijauhkan dari hawa nafsu, serta didekatkan pada keselamatan, kesehatan lahir dan bathin.

Ya, Apem ini lebih dimaknai sebagai sebuah permohonan perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Namun tentu saja harus dibarengi dengan kewajiban untuk melaksanakan segala Perintah-Perintah Nya dan menjauhi segala Larangan-Larangan-Nya.

Semoga kita termasuk orang-orang yang beriman.

Semoga bermanfaat

Sumber : Kabare Magazine Edisi LXXII Tahun VI Juni 2008

Author: 

6 Responses

  1. Nurul Imam05/10/2011 at 2:59 PMReply

    “Duh Gusti Allah, mugi Paduka paring pangapuro tuwin pangayoman dating kawula, ugi nyenyuwun amrih tinebihna saking hawa nafsu, saha cinaketna dhateng bagaswarasing lair lan bathin kawula”

    halus banget bahasanya. Jadi inget doa mbahku

  2. alamendah05/10/2011 at 9:31 PMReply

    Ternyata banyak filosofi yang adiluhung yang terkandung dalam makanan yang tampaknya sederhana itu.

    • Author

      mas tony06/10/2011 at 8:58 AMReply

      masyarakat jawa banyak sanepa nya, kadang ada maksud yang kita tidak paham

  3. ip-ip06/10/2011 at 10:12 AMReply

    hehe,,malu dah.. dari kecil idup di jawa tapi nggak ngerti filosifi kayak gini.. makasih om dah berbagi kayak gini..hehe

  4. azhie07/10/2011 at 10:27 PMReply

    Wah bahasane angel kui pak ra mudeng aku ^^

  5. Artikel Menarik08/10/2011 at 9:36 PMReply

    apem pancen enak..hehe

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: