Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Bingung juga mau mulai dari mana tulisan ini, karena topic menarik saya coba menjabarkan  “Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia ” versi saya, hehe. Ini adalah bentuk dukungan saya terhadap Blogger Nusantara untuk menjadi sebuah paguyuban besar blogger Indonesia.

Perkembangan Blog di Indonesia

Perkembangan Blog di Indonesia saat ini memang sedang menanjak, ibarat kata setiap hari bahkan jam, lahir sebuah blog entah blog gratisan semacam blogspot/wordpress.com ataupun yang berbayar. Munculnya komunitas-komunitas local yang merangkul blogger-blogger lokal juga menjadi penyemangat muncunya blog-blog baru dan blogger-blogger baru. Salah satu komunitas baru yang kebetulan saya bangun di Jogja bersama temen-temen blogger jogja yang laen yakni Komunitas Blogger Jogja.

Komunitas Blogger Jogja adalah sebuah rumah kecil untuk blogger-blogger yang merasa mempunyai ikatan dengan Jogjakarta yang dibangun atas dasar kesederhanaan, kebersamaan, kekeluargaan setiap anggota komunitas. Di Komunitas Blogger Jogja diharapkan juga lahir-lahir bibit bibit blogger kreatif yang akan member manfaat tidak hanya untuk anggota komunitas namun untuk semua kalangan masyarakat.

Yang paling membanggakan adalah dengan hadirnya Komunitas ini telah melahirkan beberapa blogger baru, bahkan ketika melakukan kopdar ada peserta yang belum punya blog dan dengan kopdar kemudian tertarik hingga akhirnya membuat blog. Apalagi konsep yang ditawarkan Komunitas-Komunitas blogger hampir sama yakni kebersamaan dan kekeluargaan dimana bisa saling bantu dan tolong menolong satu sama lain sesame anggota komunitas.

Jadi tidak mengherankan kalo kemudian muncul sebuah gagasan brilian untuk merangkul semua komunitas maupun personal blogger yang ada di negeri tercinta Indonesia dalam sebuah wadah bernama Blogger Nusantara.

Ketika sebagian besar masyarakat kita melek internet terutama di sekolah-sekolah akan semakin banyak edukasi tentang blog maka akan semakin banyak pula bermunculan blog-blog baru. Hadirnya media social macam facebook dan twitter mendorong pula pertumbuhan blog di Indonesia. Belum lagi ada iming-iming dari sebagian teman yang mempunyai blog dan sudah menghasilkan banyak recehan dari blog tersebut. Hingga banyak yang mencoba membuat blog hanya karena tergiur sejumlah penghasilan yang wuuuah, lalu  frustasi di tengah jalan karena tidak menghasilkan bahkan rugi besar karena keluar biaya internet, pemikiran, waktu. Dan disitulah tantangannya dan kalo bisa bersabar dan tetap berusaha dengan menulis yang berkualitas, maka sukseslah dia sebagai blogpreneur.

Blogpreneur

Saya tahu blogpreneur ketika Pak Eko SHP membawakan materi ini dalam acara Blogilicious Trah Yogyakarta, namun saya tidak mengikutinya hingga hanya sedikit ilmu yang saya serap, semoga tidak salah dalam pengertiannya.  Banyak sumber mengatakan blogpreneur merupakan gabungan dari blog dan entrepreneur. Blog sendiri merupakan catatan berkala yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat diakses melalui web dan dapat dikelola dengan menggunakan/berbasis web, sedang entrepreneur mempunyai arti menciptakan pekerjaan yang kreatif, ditekuni dengan komitmen dan berguna bagi diri sendiri. Jadi kalo digabung blogpreneur adalah seseorang yang melakukan praktek entrepreneur melalui sarana blog. Bener ga ya? Tanya pak Eko saja ya!

Kira-kira hampir sama dengan internet marketing ya! Ya sama-sama menghasilkan begitu.

Lantas kapan kita bisa disebut blogpreneur? Kalo dilihat dari definisi diatas tentu saja ketika kita sudah bisa menghasilkan sesuatu dari blog dari sisi materi tentunya. Saya sendiri, bolehlah disebut blogpreneur basic. Blog saya tergabung dalam Idblognetwork.com yang mana telah memberi saya penghasilan, jadi bisa donk disebut blogpreneur. Namun jangan salah untuk menghasilkan tersebut awal ngeblog justru saya hampir rugi banyak dimana saya terjebak dengan iming-iming iklan menggiurkan hingga fase pasrah untuk ngeblog idealis tanpa embel-embel profit. Namun semenjak bergabung dengan Idblognetwork, bisa mengubah visi ngeblog saya untuk tetap semangat sabar dan berbagi informasi,  Insya Allah rejeki akan datang kalo kita mau berusaha dan tidak akan kemana.

Memang untuk sukses bukan perkara mudah, ketika teman kita di FB sharing tentang $$$/day mungkin pikiran kita terus, tuing – tuing haha. Jangan dikira dia instan, perjuangannya yang harus kita lihat bukan endingnya.

Ibarat petani padi jikalau banyak petani padi yang panen berlimpah dengan hasil tanaman padi yang bagus dengan kualitas beras yang pulen, tidak jarang juga ada petani padi yang gagal panen akibat serangan hama, kurang memberi pupuk, kurang merawat hingga tumbuh banyak ilalang.

Kalopun sudah capek capek posting, pake bahasa inggris lagi, visitor ga dating-dateng yang ngeklik hanya sedikit, tiap hari ngintipin earning munculnya 0,00xxxx melulu, hahaha ya jangan menyerah. Teruslah belajar, lha wong banyak ilmuwan yang sukses setelah dia mencoba untuk ke sekian kalinya tho…..

Karenanya butuh kunci untuk sukses menjalani blogpreneur yakni :

  1. Kreatif, selalu mencoba menemukan sesuatu ide yang baru dan original dan bermanfaat dan tidak copas.
  2. Terbuka, berbagi informasi kepada siapapun
  3. Konsisten, sabar menjalani dan lakukan berkelanjutan dan tetap semangat.

Itulah tantangan yang harus dihadapi kalo memang mau dan ingin jadi blogpreneur.

Salah satu kunci sukses menjadi blogpreneur adalah terbuka, berbagi informasi. Dan salah satu bentuk dan wadah berbagi tersebut adalah melalui Komunitas, makanya di depan saya sudah tuliskan berbagi bisa dilaksanakan melalui Kopdar Komunitas, dimana yang tadinya belum punya blog kemudian berkeinginan bikin blog. Dan dari situ munculnya sebuah kebersamaan dan kekeluargaan.  Nah gabungan tersebut akan kita raih bersama melalui Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia.

Blogger Nusantara

Saya kutif dari webnya

Blogger Nusantara digagas sebagai paguyuban blogger yang bersifat lintas daerah dan lintas komunitas dengan cita-cita memupuk semangat kebersamaan dan persaudaraan blogger Indonesia”. Harapannya dengan adanya Blogger Nusantara ini  Setiap blogger bisa menjalin kerukunan  karena Paguyuban itu sendiri dari asal kata “guyub” yang berarti “rukun”..

Saya pernah membuat sebuah postingan mengenai Kopdar 1000 Blogger Nusantara mengenai dukungan saya untuk Blogger Nusantara. Waktu itu bayangan saya memang Blogger Nusantara ini akan menjadi sebuah paguyuban blogger yang besar yang bisa mewadahi seluruh Blogger Nusantara. Dan Insya Allah sebentar lagi aka nada moment besar untuk mengumpulkan 1000 blogger di Surabaya bertajuk “Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia”.

Lantas apakah hanya sebatas kumpul-kumpul seperti pada umumnya yang hanya bersifat temu kangen? Ketika saya di dapuk jadi Panitia Blogilicious Trah Yogyakarta saya jadi tahu banyak hal yang selama ini saya belum ketahui. Banyak materi-materi blogging yang sangat berguna yang bisa saya serap walapun saya tidak mengikuti secara tuntas.

Karenanya harapan saya dengan lahirnya Paguyuban Blogger Nusantara ini, sesuai dengan pondasi dasarnya Blogpreneur bisa mengangkat potensi-potensi blogger yang selama ini terpendam di diri pribadi masing-masing, di komunitas masing-masing bisa berbaur bersatu membentuk satu kesatuan blogger untuk bisa berbuat yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Blogger Nusantara bisa member warna baru aktifitas dunia maya Indonesia yang cenderung di cap negative.

Namun juga harus di ingat bahwa untuk membuat sebuah rumah yang bagus dengan pindasi yang kuat dan tiang-tiang yang diambil dari berbagai model, berbagai corak tentu tidak mudah untuk bisa menyatukan visi dan misi yang akan diusung, karenanya diperlukan sebuah komitmen dari masing-masing blogger, masing-masing komunitas untuk mengusung satu nama yakni Indonesia “Blogger Nusantara”.

Ide-ide kreatif yang nantinya tercipta bukan lagi ide kreatif yang lahir dari komunitas A, namun itulah yang harus dipadukan sehingga tercipta sebuah program Nasional Blogger Nusantara yang bisa di adop oleh masing-masing blogger dan komunitasnya.

Karenanya perlu dipersiapkan secara matang usulan dari masing-masing Komunitas mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan untuk kemudian bisa di share dan nantinya bisa di padukan dengan komunitas yang lain.

Nah dengan begitu nantinya seluruh Blogger Nusantara akan jadi blogpreneur-blogpreneur yang kreatif, dinamis, penuh semangat dan penuh kebersamaan dan keleluargaan.

Oh iya satu hal lagi harapannya, bahwa paguyuban Blogger Nusantara ini hendaknya tidak jadi sebuah kendaraan politik ataupun sapi perahan pejabat politik yang bisa di beli dengan sebuah sponsorship. Hahaha

Semoga pada pelaksanaan KOPDAR tanggal 28 – 30 Oktober 2011 besok bisa sukses dan “Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia” bisa terwujud.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat, apabila ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan..

 

33 Responses

  1. larejunbo 5 years ago
  2. lutfi retno 5 years ago
  3. alamendah 5 years ago
  4. azhie 5 years ago
  5. azhie 5 years ago
  6. David BlogNews 5 years ago
  7. HeruLS 5 years ago
  8. uways 5 years ago
  9. dHaNy 5 years ago
    • mas-tony 5 years ago
  10. Tongkonanku 5 years ago
  11. adrianto 5 years ago
    • mas tony 5 years ago
  12. blogger nusantara 5 years ago
  13. sanusi 5 years ago
  14. Pekanbaru Netpreneur 5 years ago
  15. baburinix 5 years ago
  16. Gaptek 5 years ago
    • armanrachim 5 years ago
  17. armanrachim 5 years ago
  18. recky djayoesman 5 years ago
  19. Gaptek 5 years ago
  20. MaskedBlogger 5 years ago
  21. recky 3 years ago
    • mas tony 3 years ago
  22. meja laptop 3 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: