Yuuk Terangi Rumah Kita Dengan Lampu Hemat Energi

Masih ingat acara EARTH HOUR beberapa waktu lalu yang pernah saya posting? Earth Hour adalah sebuah kampanye hemat energy dengan mematikan lampu selama 1 Jam penuh. Memang acara ini lebih difokuskan untuk kampanye hemat energy untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Namun kita tidak bisa memungkiri bahwa pencahayaan adalah faktor penting dalam kehidupan kita. Saya masih teringat ketika dahulu waktu kecil hidup di daerah pelosok Garut Selatan tepatnya di desa Cikondang Kecamatan Cisompet 30 tahun yang lalu belum dialiri oleh listrik. Waktu itu mungkin karena sudah terbiasa gelap tentu tidak jadi persoalan, namun coba bila sekarang ini listrik rumah kita mati, rasanya dunia ini penuh dengan hitam kelam dan tidak akan nyaman sama sekali.

Cahaya merupakan faktor penting buat kita termasuk rumah kita, dengan desain ruangan dan tata cahaya yang baik akan menjadikan tata ruangan yang sempurna dan nyaman. Tentu kita akan senang kalo punya rumah yang keren dan elegan. Jika siang hari mungkin pencahayaan di dalam rumah cukup dari sinar matahari yang masuk , namun bila malam hari bagimana? Tentu sangat disayangkan apabila rumah kita gelap sehingga property, hiasan-hiasan yang bagus jadi tidak kelihatan.

“Karenanya kita tetap butuh pencahayaan dari sebuah benda bernama lampu namun yang hemat energy tentunya untuk mengurangi dampak pemanasan global dan perubahan iklim”

Selama ini kita mungkin terbiasa dengan pencahayaan konvensional yang cenderung memancarkan panas setelah dihidupkan untuk beberapa lama. Padahal hal ini membuat kita tidak nyaman dan akan merubah pewarnaan pada dinding rumah kita. Dan yang paling ekstrim tentu saja menjadi boros karenanya.

Sebenarnya beberapa tahun terakhir ini sudah ada teknologi lampu hemat energi dan yang tidak memancarkan panas. Ya  teknologi tersebut adalah lampu LED. Sebuah solusi pencahayaan pilihan utama bagi keluarga, selain merupakan solusi hemat energi juga memberikan kualitas pencahayaan yang nyaman  yang akan mampu mengubah suasana rumah anda menjadi indah.

Terus kenapa kita harus memilih teknologi LED untuk pencahayaan untuk rumah kita?

Ada beberapa keunggulan yang kita dapat bila menggunakan Lampu LED ini diantaranya :

  1. LED memberikan solusi pencahayaan yang ideal untuk menciptakan suasana lingkungan dan meningkatkan dampak visual dari sebuah ruang hidup.
  2. Lampu LED bersilau cahaya rendah untuk kebutuhan fungsional dari sebuah ruang hidup.
  3. Lampu LED memiliki umur yang lebih panjang, daya tahan, menggunakan bahan tidak beracun, tidak memancarkan panas dan memancarkan UV, dan menawarkan fleksibilitas untuk mengakomodasi perlengkapan luas dan faktor bentuk.
  4. Hemat energi sebesar 80% dari lampu pijar atau hologen karena LED mengubah 15-25% energi yang digunakan menjadi cahaya sedangkan lampu pijar hanya 8% energi saja yang menjadi cahaya.
  5. Dan tentu masih banyak kelebihan yang lain dibandingkan lampu konvensional.

Selama ini saya sendiri baru menggunakan Lampu LED pada sebatas lampu untuk Senter, Lampu Emergency, padahal seharusnya saatnya kita beralih semua lampu menggunakan LED ini.

Satu hal lagi tentu kita memikirkan aspek kesehatan untuk penggunaan sebuah lampu. Tidak seperti lampu konvensonal yang fluorescent dan sejenisnya, lampu LED sangat aman karena dipastikan bebas dari timah dan merkuri, sehingga  memberikan keamanannya bagi kesehatan keluarga kita, karena kesehatan itu mahal harganya.

Yang pasti LED lampu yang ramah terhadap lingkungan dan memberikan kenyamanan besar bagi kita karena lampu ini tanpa silau, output panas, emisi UV dan kehadiran merkuri.

Gimana nih masih mau meneruskan menggunakan lampu konvensional? Tentu kita harus berfikir ulang kalo mau dompet kita tetap tebal, sehat dan juga rumah kita jadi keren dan elegan dengan pencahayaan dari lampu LED ini. Dan yang pasti akan mengurangi dampak pemanasan global dan perubahan iklim.

Semoga bermanfaat.

image: blog.mapawatt.com

 

 

4 Responses

  1. ada-akbar.com 6 years ago
  2. andre 6 years ago
  3. Proliant 6 years ago
  4. yus 6 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: