Padusan

Padusan

Salah satu cara masyarakat Jawa khususnya untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan adalah tradisi Nyadran (Ruwahan) dan Padusan. Tradisi Nyadran sendiri sampai saat ini masih dilaksanakan disekitar tempat tinggal saya dan telah dilaksanakan pada malam Jum’at minggu kemaren. Sedangkan tradisi padusan karena di sekitar tidak ada sarana untuk itu biasanya beramai-ramai mengunjungi kolam renang atau pantai.

"padusan-lokal.compasiana.comSedikit sejarah, tradisi  Padusan berasal dari kata dasar adus, yang artinya mandi. Secara sederhana padusan diartikan mandi dengan maksud penyucian diri agar dapat menjalani peribadahan di bulan suci Ramadhan dalam kondisi suci. Dengan keadaan suci ini, khususnya suci lahir, diharapkan tujuan peribadahan untuk mencapai ketaqwaan. Namun dari sudut pandang syariat tidak ada aturan yang jelas mengenai hal ini. Yang jelas sebagai umat muslim sudah menjadi kebiasaan mensucikan diri baik sebelum menjalankan sholat maupun puasa.

Mungkin kita sependapat bahwa lambat laun tradisi ini telah bergeser dari makna yang sebenarnya. Saat ini terutama remaja mengisi padusan dengan melakukan mandi bersama di tempat pemandian atau kolam renang umum. Dan tentu sangat sulitkan apabila ditempat umum ada pemisahan tempat pemandian bagi kaum laki dan perempuan? Semestinya dikedepankan dan diluruskan adalah hakikat dan tujuan daripada padusan itu sendiri agar jangan sampai luntur, atau bahkan berganti dengan kepentingan nafsu syahwat manusia untuk saling mempertontonkan aurat secara massal.

Tapi kenyataannya memang hal ini yang sekarang terjadi, bahkan baru-baru ini sebagai salah satu contoh yang dilakukan Pemda Gunungkidul adalah menyiapkan tempat padusan sekaligus sarana berupa atraksi kesenian sebagai upaya untuk menarik wisatawan. Silahkan baca ini . Nah anda bisa lihatkan justru nilai dunianya yang dikedepankan dengan harapan mendapatkan pemasukan yang banyak, padahal hakekat yang diinginkan adalah mensucikan diri sebelum bulan Suci Ramadhan yang tentu terbebas dari urusan keduniawian termasuk mengumbar aurat beramai-ramai.

Tapi it, oke monggo saja

Semua kembali ke diri kita masing, semua itu hanyalah tradisi, yang tahu mana yang baik adalah diri kita sendiri. Mari kita persiapkan diri kita menjelang bulan suci Ramadhan. Ramadhan merupakan bulan suci yang senantiasa dinantikan oleh umat Islam. dimana di dalam bulan ramadhan umat  muslim menjalani ibadah puasa sebulan penuh yang  diisi dengan amalan sunnah seperti sholat tarawih, tadarus Qur’an, pengajian, dan lain sebagainya dengan maksud mencapai derajat taqwa yang sesungguhnya .

Semoga bermanfaat.

image : lokal.kompasiana.com

4 Responses

  1. ada-akbar.com 6 years ago
  2. mascayo 6 years ago
  3. tomi 6 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: