Hari Jadi Kabupaten Bantul

Besok hari Rabu tepatnya tanggal 20 Juli 2011 Kabupaten Bantul tempat tinggal saya merayakan hari jadinya yang ke 180. Ternyata Kabupaten Bantul sudah lumayan berumur untuk semua Kabupaten ya!

Sedikit cerita sejarah, Kabupaten Bantul awal mulanya tanggal 20 Juli tahun 1831 dimana dahulu masih bernama Bantulkarang. Bantulkarang sendiri sampai sekarang masih diabadikan jadi ibukota kecamatan Bantul (kalo ga salah) hehe.

Bupati pertama Bantul adalah Raden Tumenggung Mangun Negoro seorang Nayoko Kasultanan Yogyakarta. Kabupaten Bantul terdiri dari 17 Kecamatan dan 75 Desa / Kelurahan.

Kabupaten Bantul pernah merasakan duka yakni pada tahun 2006 dimana sebagian warganya meninggal dan sebagian besar rumah, gedung dan fasilitas umum hancur, namun seiring semangat untuk bangkit kembali dari keterpurukan akibat bencana tersebut, kini sisa-sisa puing-puing tersebut sudah tidak terlihat lagi.

Semoga di hari jadinya yang ke 180, Kabupaten Bantul semakin berbenah dan membuat betah warganya untuk selalu hidup rukun damai dan terbebas dari segala bencana lagi dan semoga tentunya warganya menjadi tambah sejahtera. Amin

Selamat Hari Jadi Kabupaten Bantul ke 180

Peringatan hari jadi Kabupaten Bantul sendiri setiap tahun biasanya diisi dengan upacara berbusana jawa dan kirab jodhang.

Ayo ke Bantul….

8 Responses

  1. TechSega 6 years ago
  2. Aming 6 years ago
  3. Aming 6 years ago
  4. Blogger Bahagia 6 years ago
  5. anas saja 6 years ago
  6. asuransioke 6 years ago
  7. asuransioke 6 years ago
  8. tonykoes 6 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: