Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2011 Provinsi DIY

Hari ini bertempat di Rest Area Hutan Bunder Playen Gunungkidul dilaksanakan Puncak Acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2011 Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini merupakan penutup rangkaian acara peringatan Hari Lingkungan Hidup yang telah berlangsung mulai dari tanggal 5 Juni 2011 yang dilaksanakan oleh Badan Lingkungan Hidup Provinsi DIY maupun Kabupaten / Kota di Provinsi DIY.

Acara yang mengambil tema sama dengan tema Hari Lingkungan Hidup 2011 yakni “Hutan Penyangga Kehidupan” dilaksanakan di salah satu hutan yang ada di Provinsi DIY yakni Hutan Bunder Playen Gunungkidul.

Acara puncak hari ini adalah :

Pemberian Penghargaan Lingkungan Hidup bagi personal, organisasi yang telah memberikan sumbangsihnya bagi pengelolaan lingkungan hidup.

"Puncak Acara HLH 2"

Untuk Provinsi DIY tahun 2011 ini ada yang membanggakan yaitu dengan diraihnya beberapa penghargaan :

  • Adipura diraih Kota Yogyakarta
  • Adiwiyata mandiri diraih SMA 2 Wonosari dan SMP Muhamadiyah 1 Yogyakarta
  • Kalpataru Pengabdi Lingkungan diraih oleh Bapak Sudarli, S.Sos dari Tepus Gunungkidul
  • Kalpataru Pembina Lingkungan diraih oleh Drs. Krido Suprayitno dari Berbah Sleman

Penanaman Pohon

"Puncak Acara HLH 3"

Pelepasan Satwa

 

Sebelum acara  puncak ini telah dilakukan beberapa acara diantaranya :

  • Uji Emisi Sumber Bergerak. Diadakan pada hari Selasa, 7 Juni 2011 pukul 09.00 – 11.00 WIB dihalaman BLH Provinsi DIY (untuk kendaraan roda 2) dan halaman BadanPerpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DIY (Kendaraan roda 4).
  • Car Free Day Bebas Kendaraan (Car Free Day) di sepanjang Jalan Mangkubumi, Yogyakarta, pada selama 5 jam,  pukul 07.00 – 12.00 WIB dengan kegiatan :
  1. Pengujian kualitas udara ambien, yang akan dilaksanakan di 2 lokasi yaitu : depan Bank Muamalat dan di depan Bank BCA di jalan tersebut. Pelaksanaan pengujian kualitas udara ambien merupakan hasil kerjasama BLH Provinsi DIY dengan BBTKL PPM Yogyakarta dan Hiperkes Yogyakarta
  2. Sepeda Sehat dan Gembira sejauh 5 km dengan start dan finish di Jl. Mangkubumi
  3. Gerakan cuci tangan bersama
  4. Pameran MERTI BUMI LESTARI (olah sampah plastik), demo pembuatan wayang suket,
  5. Acara Hiburan/pentas seni dengan menampilkan kesenian Angguk (SMP Negeri I Temon Kulonprogo), Angklung Krido Tomo, Fashion show,  theater lingkungan
  • Workshop Partisipasi Pengelolaan Lingkungan Hidup  tanggal 15 Juni 2011 di Hotel Grage
  • Festival Kali Gajah Wong

Semoga peringatan ini tidak hanya sebagai acara seremonial belaka, namun juga ada action yang nyata dari kita semua khususnya diri pribadi kita. Yuuk kita kelola lingkungan kita dengan baik.

Semoga bermanfaat

3 Responses

  1. ada-akbar.com 6 years ago
  2. bimasakti 6 years ago
  3. TechSega 6 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: