Pre Event Hari Lingkungan Hidup 2011

Pre Event Hari Lingkungan Hidup  2011

Hari Lingkungan Hidup yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 5 Juni, untuk tahun ini mungkin terasa special. Sebagaimana yang ditetapkan telah oleh United Nations Environment Programme (UNEP),  untuk tahun 2011 ini, Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengangkat tema “Forests: Nature at your Service”. Pemilihan tema ini disesuaikan dengan tahun 2011 yang dideklarasikan PBB sebagai Tahun Hutan Internasional (International Year of Forest). Untuk Peringatan Internasional akan dipusatkan di New Delhi India.

Tahun ini bisa dikatakan special, karena sebelum perayaan tepatnya tanggal 11 Mei 2011, Indonesia bersama tujuh negara lainnya yaitu Guatemala, India, Jepang, Norwegia, Afrika Selatan, Swiss dan Tunisia menandatangani Protokol Nagoya di Markas Besar PBB, New York. Penandatanganan dilakukan pada Ministerial Segment – Commission on Sustainable Development sesi ke-19 (CSD-19) yang bertempat di General Assembly Hall, Markas PBB, New York.

Nah bener special kan! Kenapa?

Karena dengan penandatanganan protokol tersebut, akan menjadi tonggak sejarah pemanfaatan konvensi keanekaragaman hayati.  Protokol Nagoya akan menjadi instrumen penting yang dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya genetik dan menghentikan praktik biopiracy (pencurian sumber daya genetik), khususnya bagi Indonesia yang merupakan negara mega biodiversity kedua di dunia.

Dengan hasil itu tentunya akan berdampak pada kebijakan di Negara kita, salah satunya dengan dirancangnya Undang-undang Pengelolaan Sumber Daya Genetik (RUU PSDG) yang bertujuan sebagai legislasi nasional dalam pemanfaatan SDG untuk kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat yang memiliki kearifan atau pengetahuan tradisional dalam pengolahan sumber daya genetik.

Untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup sendiri yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup antara lain adanya  Pekan Lingkungan Indonesia yang diselenggarakan ke-15 kalinya akan dilaksanakan dengan rangkaian acara antara lain Pameran Lingkungan, Sejuta Pohon  Sejuta Sepeda, Green Music Festival, Eco Driving Rally, Eco Creative, Launching Program,  Seminar, Workshop, Aneka Lomba, dan acara lainnya dengan melibatkan seluruh stakeholder.

Sedang untuk Provinsi DIY sebagaimana yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat  juga mengadakan kegiatan perayaan hari lingkungan hidup diantaranya dengan sepeda gembira, pementasan wayang dan lain-lain. Untuk lebih detailnya akan saya posting setelah ada kepastian jadwal dari yang berwajib, hehehe

Selamat Hari Lingkungan Hidup 2011

“Mari tingkatkan kesadaran dan kepedulian kita terhadap lingkungan hidup”

8 Responses

  1. nurmanto 7 years ago
  2. Guusn 7 years ago
  3. Darin 7 years ago
  4. aming 7 years ago
  5. ada-akbar.com 7 years ago
  6. Erdien 7 years ago
  7. Desi 7 years ago
  8. Desi 7 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: