NgeBlog : Uang, Popularitas dan “Ngumpulin Komentar”

Ketika anda ditanya apa tujuan anda nge-blog, apa jawaban anda-anda semua?  Demi uangkah? Popularitas atau sekedar hobi? Ya monggo dijawab sendiri saja.

Mungkin dari sekian banyak tujuan nge-blog, uang adalah prosentase terbesar yang ingin diraih dalam nge-blog, bener ga? Atau saya sama sekali salah? Okeylah saya salah dalam menilai ini tapi kenapa blog anda bertebaran banner? Kenapa anda ikut kontes SEO? Kenapa anda ikut kontes menulis? Sekedar ikut-ikutan kok, meramaikan saja, jawaban classic saya itu mah, tuh saya juga ikutan kontes SEO.

Saya tergelitik dengan salah satu komentar di Blognya Mas Agus Siswoyo dari mas Hengky  apa ada ya nge-blog yang bertujuan “Ngumpulin Komentar”, hehehe geli juga saya bacanya, tapi apa bener tujuan nge-blog hanya sekedar itu?  Saya beberapa waktu lalu seneng juga kalo dapat banyak komentar, wah betapa bangganya punya blog berkomentar banyak, wah blog saya terkenal nih! Pikir saya! Ga tahu juga sih terkenal apa ga? Blog mastah katanya, wkwkwkw. Mastah dari ndeso mbantul, hehehe, yang bener aja.

Popularitas suatu blog kan ditentukan beberapa hal diantaranya kualitas postingan dan kuantitasnya, percuma saja tiap hari posting 100 kali, tapi biasa-biasa saja, atau postingan seminggu sekali kualitasnya ya sama juga, hehehe. Ya kualitas suatu blog relative sih, tapi kalo banyak yang seneng ya berarti kualitasnya okey.

Namun suatu popularitas ada yang instan sebagaimana popularitas Briptu Norman.  Popularitas yang diperoleh oleh seorang Briptu Norman tentu tidak lepas dari peran beberapa narablog dan facebooker yang telah mempublish video youtube nya sehingga banyak yang penasaran dan ingin melihat “Goyang India Chaiya-Chaiya”, Nah itu popularitas instan. Lha gimana dengan seorang blogger? Apakah Raditya Dika menulis sekejap terus terkenal. Sepertinya tidak, butuh waktu yang cukup lama untuk seperti itu, namun kalo kita mau serius Insya Allah kita juga bisa!

Lantas apakah dengan banyak komentar berarti blog kita popular? Ya tentu saja ya, kalo blog ga terkenal mana mungkin banyak komentar, ada-ada saja nih! Hehe.

Sekedar intermezzo saja, silahkan anda rumuskan tujuan anda ngeblog lagi, apakah uang, popularitas atau sekedar ngumpulin komentar? Semoga tetep konsisten dengan awal tujuan anda, karena sudah banyak yang out karena tidak tercapai yang diraihnya.

Alon-alon wathon kelakon, nambah konco lan sedulur iku sing larang regane……, enjoy blogging

Salam sahabat