Mother’s day

Mother’s Day

Mother’s Day atau hari ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember, namun pada beberapa negara seperti Amerika Serikat dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong, peringatan Mother’s Day jatuh pada hari Minggu kedua bulan Mei . Lalu apa yang melatar belakangi penentuan kedua tanggal tersebut?

 

Untuk peringatan Mother’s day yang jatuh pada hari minggu kedua bulan Mei adalah karena pada tanggal itu pada tahun 1870 aktivis sosial Julia Ward Howe mencanangkan pentingnya perempuan bersatu melawan perang saudara.

Sedangkan untuk tanggal 22 Desember , Penetapan tanggal 22 Desember sebagai perayaan Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Peringatan 25 tahun Hari Ibu pada tahun 1953 dirayakan meriah di tak kurang dari 85 kota Indonesia, mulai dari Meulaboh sampai Ternate. Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga kini.

Kalo sejarah penetapan itu sendiri dimulai dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, Kongres dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).Organisasi perempuan sendiri sudah ada sejak 1912, diilhami oleh perjuangan para pahlawan wanita abad ke-19 seperti Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Dhien, Tjoet Nyak Meutia, R.A. Kartini, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dan lain-lain.

Walapun berbeda tanggal perayaannya, yang penting kita selalu hormat dan berbakti pada ibu kita yang telah melahirkan kita, membesarkan kita, mendidik kita dan menyayangi kita. Tidak salah kalau ada pepatah “Surga ada ditelapak kaki ibu”

 

No Responses

Add Comment

Anti-Spam Quiz: