Nikmat itu bernama “SAKIT”

 kesehatan

Walaupun cuma terserang flu dan batuk dalam dua hari ini, namun tidak ada aktifitas yang saya lakukan selain istirahat. Badan dingin rasanya dan batuk terus-menerus, berharap bisa sedikit ngeluarkan keringat, sampai tidur harus memakai jaket dan selimut, apa daya….. penyakit flu terlanjut masuk ke badan.

Namun,  Alhamdulillah walau belum full 100% fit dan masih sedikit batuk, Allah maha Besar dan Pemurah lagi Penyayang dengan memberi nikmat sehat hari ini dah bisa kembali beraktifitas memulai tugas rutinitas di kantor seiring tugas yang menanti dan juga aktifitas nge-blog.

Sebuah Peringatan

Manusia di ciptakan Allah dengan segala akal dan pikirannya. Dengan akal dan pikiran itu karenanya ada usaha yang membuat manusia mempunyai ilmu, harta yang banyak, dan materi yang lain yang kadang membuat manusia lupa akan Tuhannya. Namun ketika sakit, semua seakan tidak ada artinya, yang diinginkan hanyalah sehat. Ketika itu kita sadar bahwa ilmu, harta, nikmat materi kadangkala menjauhkan kita pada Allah SWT dan sakitlah yang membuat kita baru ingat.

Kadangkala kita baru berfikir , apakah yang telah kita lakukan atas tubuh kita yang sehat sebelum sakit ini? Dan baru kita ingat, ada perbuatan-perbuatan kita yang tidak baik yang kita buat semasa kita sehat.

Ada pepatah berkata:

“Hanya orang yang miskin tahu nikmat kekayaan, hanya orang sakit tahu nikmat kesehatan”

Allah SWT berfirman:

Tiada sesuatupun bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu bergembira terhadap apa yang diberikanNya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi menyombongkan diri. (Al-Hadid:22-23)

Teringat jadinya dengan salah satu judul lagu dari Raihan  ‘ingat 5 perkara sebelum 5 perkara’, salah satunya adalah ’sehat sebelum sakit’. di kala sehat, kita jarang menyadari bahwa sehat itu adalah anugrah yang sangat besar, kita baru merasakannya sesudah sakit. Betapa sakit itu membuat segala sesuatu itu menjadi tidak nyaman. Karenanya perlu menjaga kebersihan lingkungan untuk kesehatan.

Namun, yakinlah bahwa dengan sakit, kita masih diperhatikan oleh Allah SWT. Sakit yang kita rasakan, mudah-mudahan menjadi berkah, menjadikan kita tambah kuat, tambah menghargai apa arti sehat, semoga semakin disayangi oleh Allah SWT dan  menjadi lebih sabar dan lebih mendekatkan diri kepada Illahi Rabbi, amin

Author: 

48 Responses

  1. Octa Dwinanda17/02/2011 at 10:32 AMReply

    Dalam keadaan sakitpun masih terdapat nikmat ya mas… ini yang mesti direnungkan bersama.

    Sakitnya kita bukan karena Allah benci…. tapi bisa jadi sebuah “sindiran” untuk bisa menghargai hidup dan selalu ingat kepadaNYA. Tujuannya tentunya untuk meningkatkan derajat hambanya….

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:13 PMReply

      Paling tidak ada tambahan rasa syukur mas, dan pada saat sakit itulah paling terasa mas.

      Bener yang mas Octa sampaikan, untuk menghargai kehidupan / kesehatan

  2. andi sakab17/02/2011 at 11:04 AMReply

    nikmat seharusnya datang dengan di syukuri karena kita di ingatkan oleh sang ilahi. toh biasanya akibat kesalahan kita contohnya kurang jaga kesehatan.

    tapi tetap aja ya, namanya juga manusia kadang ngeluh terus kala sakit hehe kadang saya sering gitu

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:15 PMReply

      Ya begitulah manusia mas, dikasih yang enak minta yang uuuueeenak, maunya minta lebih

      Nikmat yang kita ambil adalah kasih Sayang Allah sama kita dengan mengingatkan kita akan pentingnya kesehatan

  3. UP Tekno17/02/2011 at 12:13 PMReply

    Untuk itu jagalah sehatmu sebelum sakitmu, tapi walaupun begitu sakit juga nikmat ya sob.. :))

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:17 PMReply

      Ya dalam sakit biasanya do’a kita polll banyaknya, hehe

  4. Arik17/02/2011 at 1:07 PMReply

    disaat kita sakit..kesehatan lah yang paling berharga..
    tapi kadang disaat kita sehat kita kadang lupa untuk jaga kesehatan kita.

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:18 PMReply

      Anda benar…. Syukurilah masih diberi kesehatan

  5. tomi17/02/2011 at 1:18 PMReply

    wahh semoga lekas baikan ya pak.. jangan sakit terus.. nanti kan mau kopdar :D
    amiin

    • luthfie fadhillah17/02/2011 at 2:20 PMReply

      wew.. senior pada mau kopdar nee…

      nyubiee… doakan sukses ^__^

      • tomi18/02/2011 at 4:13 PMReply

        hhihihi… senior itu pak tony mas.. saya newbiepool

        • Author

          mas tony18/02/2011 at 10:18 PMReply

          Dari segi umur saya yang paling senior mas! hehe

    • dery18/02/2011 at 6:00 PMReply

      acara kopdar tu kapan mas?
      pengen ikut nih.. penasaran

      • Author

        mas tony18/02/2011 at 10:22 PMReply

        Penasaran sama saya dik? datang ke kantor saya saja tak jamu wis…..

  6. luthfie fadhillah17/02/2011 at 2:22 PMReply

    Lekas sembuh mas tony ^____^

    jgn lupa mimi obat :D~

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:23 PMReply

      Udah mas, minum jamu kuat juga, :ngakak :ngakak :ngakak

  7. Rudy Azhar17/02/2011 at 8:21 PMReply

    Diberi sakit bisa menghapuskan sebagian Dosa lo Mas. :D :babyboy1

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:26 PMReply

      Amin, semoga bang! Yakin saja Allah maha Penyayang

  8. cahya nugraha17/02/2011 at 9:56 PMReply

    sakit dapat mengingatkan kita pada neraka mas
    bayangin aja gimana rasanya ya?
    astagaa

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:28 PMReply

      Waduh ngeri amat ya! Beryukur aja mas masih diingatkan

      • cahya nugraha19/02/2011 at 9:55 AMReply

        mas kopdar jogja kapan?

        • Author

          mas tony19/02/2011 at 10:40 AMReply

          Kalo ga ada halangan hari sabtu depan mas, seadanya dulu, kalo mau ikutan ayo…

  9. candradot.com18/02/2011 at 10:36 AMReply

    get well soon mas :kr

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:31 PMReply

      Matur suwun mas, makasih juga buat kontrakannya nih…. sukses buat Kuncihost

  10. marsudiyanto18/02/2011 at 2:27 PMReply

    Semoga kita semua diberi kesehatan Mas, meski sakitpun sebuah nikmat :D

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:33 PMReply

      Amin, harapannya begitu Pak Mars.
      Paling tidak nikmat kasing sayang dengan diingatkan untuk jaga kesehatan Pak!

  11. bro eser18/02/2011 at 2:47 PMReply

    Ngga semua sakit itu berarti penderitaan bro, mungkin keadaanb jasmani yang kurang baik yang kita rasakan merupakan sedikit teguran bagi kita dari sang pencipta… :hammer

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:35 PMReply

      Yup setuju bro, yang ada kebanyakan kita mengeluh bro

  12. dery18/02/2011 at 5:59 PMReply

    Jarang sekali kita bersyukur ketika kita sehat,,
    tapi ketika kita sakit, kita terus memohon kesehatan itu..
    moga lekas sembuh om.. biar bisa balik lagi :)

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:37 PMReply

      Kemaren udah cukup lumayan tapi td malam demam tinggi dan kedinginan lagi, tp alhamdulillah skrg dah lumayan mas.

      Wah panggilan baru nih buat saya

  13. eser18/02/2011 at 9:02 PMReply

    Keadaan dimana tubuh terasa lemah (Sakit) sebenarnya bukanlah musibah, tapi lebih banyak akibat kecerobohan yang dilakukan manusia sendiri

    • Author

      mas tony18/02/2011 at 10:39 PMReply

      Dalam hal ini saya membiarkan angin masuk ke badan ya bro? ceroboh saya, seharusnya saya pake tameng ya, hehe

  14. cahya nugraha19/02/2011 at 8:23 PMReply

    itu kopdarnya dimana mas? daerah jogja kan

    oh ya jauh hari anda meminta aku buat beri tau kalau ada kaos yang dicetak kan?
    nah sekarang sudah mas. Walaupun masih pre-order.
    Kalau berkenan bisa dilihat dan memesan di

    http://cahyanugraha.wordpress.com/kaos/

    terimakasih mas tony

  15. cahya nugraha20/02/2011 at 8:37 PMReply

    Mas sekarang sudah blogger go green. Designnya yang sekarang udah jos benar. yang blogger mania udah aku buang

    • Author

      mas tony22/02/2011 at 6:18 AMReply

      Okey mas, saya pesen yang ga ada sepedanya saja, warna hitam, ukuran 3L

  16. ysalma22/02/2011 at 1:42 PMReply

    benar sekali mas,, sakit berupa flu menandakan Dia masih sayang sama kita,
    sehingga bisa mensyukuri sehat :)

    • Author

      mas tony24/02/2011 at 8:53 AMReply

      Ea mbak, semoga kita selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah

  17. zuLHam23/02/2011 at 9:09 PMReply

    moga2 dengan sakit ini, dosa-dosa tergugurkan pula…

    hayo, olahraga! ;)

  18. Alam23/02/2011 at 10:27 PMReply

    memang bener mas, nikmat sehat sangat terasa ketika sakit.. :2thumbup

    • Author

      mas tony24/02/2011 at 3:58 PMReply

      Yup bener itu

  19. sedjatee24/02/2011 at 8:21 AMReply

    benar sekali Kang
    sakit adalah momentum untuk instrospeksi diri
    semoga menjadi pengingat bahwa manusia itu lemah
    semoga menjadi pengingat bahwa Allah Maha Kuasa
    salam sukses..

    sedj

    • Author

      mas tony24/02/2011 at 4:03 PMReply

      Ya point “Instropeksi diri yang Mas?” Saya setuju itu

  20. choirul24/02/2011 at 9:55 AMReply

    saya itu g tahu JAC Ngasem itu dimana?

    soale selama di Jogja g pernah keliling/jalan-jalan… terima kasih undangannya, maaf kalo g bisa datang

    • Author

      mas tony24/02/2011 at 4:01 PMReply

      Gpp mas, JAC Ngasem itu disekitas Taman Sari Ngasem, dekat alun2 utara mas sebelah barat alun2 selatan.

      Kita hanya memberikan undangan kalo ga bisa gpp

  21. Satu dua tiga26/02/2011 at 4:22 PMReply

    Sesuatu yang sering kita sia2kan yaitu waktu luang, KESEHATAN.. padahal kita sehat itu psti lbh sering drpd kita sakit, smoga bs menggunakan nikmat sehat dengan sebaik-baiknya.. :D

  22. sepatu kerja03/07/2012 at 5:19 PMReply

    nice articels.
    bener bgt mas..

  23. kusfandiari abu nidhat17/08/2012 at 4:59 AMReply

    Aji mumpung untuk hal yang positif itu salah satu di antaranya jaga sehat sebelum sakit. Mumpung kita diberi kesehatan, kita manfaatkan kesehatan itu untuk segenap aktivitas yang positif alias beramal shalih.

  24. Damian23/11/2012 at 12:35 PMReply

    isinya tentang jalan2 aja, sskain dirimu rajin jalan2 tuh isi tentang perjalanan tentang pulau/tempat2 di Indonesia dan luar negeri atau isinya tentang kuliner nusantara juga asyik tuw :P[]

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: