Malioboro jadi kawasan pedestrian, mimpi kali ye?

Asyik ya kalo Yogya punya kawasan pejalan kaki utamanya Malioboro sebagai jantung kota Yogyakarta. Bisa dibayangkan kedepan bila malioboro menjadi kawasan pedestrian, para pejalan kaki akan dimanjakan dengan tersedianya kawasan bebas kendaraan bermotor. Lewat kawasan pedestrian ini masyarakat Yogyakarta terpacu untuk berkreasi, tidak sekadar bernostalgia tentang masa lalu, tetapi mengembangkan potensi kawasan pejalan kaki sebagai upaya mengundang wisatawan untuk menikmati karya seni dan budaya masyarakat Yogyakarta. Sekali lagi perlu upaya keras, kreatif, serta bijaksana dalam mengembangkan kawasan Malioboro yang sarat dengan sejarah kota Yogyakarta.

Tapi mimpikah hal ini? Anda semua akan bilang “ Siapa bilang itu hanya mimpi? Toh wacana terus digulirkan, bener kan? Eiiit….  nanti dulu, nih lihat :

Itu tahun 2007 lho bro, sekarang tahun berapa? 2011, baru 4 tahun belum 5 tahun, haha

Memang dalam revitalisasi Malioboro jadi kawasan pedestrian tidak semudah membalikan telapak tangan saja, ya memang, sih. Cuma wacananya kok lama amat.

Gimana nih anda termasuk yang setuju Malioboro jadi Pedestrian?

Buat yang seneng nongkrong setuju donk, areal pejalan kaki akan menjadi lebih lapang, tentunya areal untuk pedagang kaki lima akan menjadi cukup Hal ini bisa sekaligus mendidik masyarakat menghargai budaya berjalan kaki. Kalaupun ada masyarakat yang kepingin sedikit berkeringat, mungkin disediakan persewaan sepeda onthel dan atau becak, sisi apalagi kalo penaataanya juga direvitalisasi, dijaga kebersihan lingkungannya, jangan banyak kotoran kudanya, haha. Kalo yang suka nge-blog bisa asyik seharian disana ya, apalagi kalo wifinya gratis, hoho

Cuma sulit juga mewujudkannya kalo jadinya begini?

Kalo jadi dijadikan kawasan pedestrian, terus limpahan jalur kendaraan serta kebutuhan akan ruang parkir,serta pengembangan jalur sirkulasi dalam kota yang baru apabila malioboro tdk dpt diakses kendaraan bermotor, mau dikemanakan? Jangan-jangan nanti penataan malioboro akan berimbas pada kesemrawutan pada kawasan lain, tambah sumpek Jogjanya kan?
Belum lagi buat yg cuma skedar melintas bawa motor/mobil tanpa berniat nyari oleh-oleh, brarti ilang dong ksempetan buat menikmati kehidupan Malioboro!!!!

So gimana nih pendapat anda-anda semua?

59 Responses

  1. tomi 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  2. dery 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  3. Sugeng 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  4. dHaNy 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  5. Abdul Hakim 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  6. TuSuda 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  7. situsonline 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  8. giewahyudi 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  9. budies 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  10. M Mursyid PW 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  11. BlogDangkal 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  12. lozz akbar 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  13. luthfie fadhillah 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  14. john 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  15. Arief Rizky Ramadhan 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  16. Ifan Jayadi 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  17. Si kucing Bi 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  18. Padly 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  19. Joko Sutarto 6 years ago
    • Padly 6 years ago
      • Joko Sutarto 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  20. Sukadi 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  21. eser 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  22. zee 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  23. darmantomuat 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  24. ysalma 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  25. Akbar PU 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  26. Kombor 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  27. Tongkonanku 5 years ago
  28. Taufiq Hidayat 4 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: