Masih Beruntung

Ketika kita sedang terkena sebuah musibah kecopetan misalnya, sering mendengar pendapat orang lain yang mengatakan “masih beruntung cuma dicopet, coba kalo dirampok atau dijambret”. Makna masih beruntung sesungguhnya dalam hal ini adalah sebuah ucapan rasa syukur terhadap sebuah cobaan yang baru dihadapi, artinya harus bersyukur baru diberikan cobaan yang ringan. Orang jawa sering bilang “Isih bejo kowe……” yang berarti anda masih beruntung. Sebenarnya dalam kontek musibah, kita jelas-jelas terkena yang berarti kita sedang dicoba, dan itulah ketidak beruntungan kita,  namun mengapa kita masih di bilang beuntung?

Itulah indahnya nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Ketika kita memberitahu tentang “kita yang kecopetan” ada do’a yang terlahir dari sekeliling kita yang mengatakan kalau kita masih beruntung hanya kecopetan, bukan yang laen.

Saya menyampaikan tulisan diatas karena ada sedikit cerita dari ibu saya yang baru saja pulang ke Garut setelah melewati 7 hari meninggalnya saudara saya, Ibu saya pulang ke Garut Jawa Barat dengan menumpang bus dari terminal Yogyakarta. Untuk sampai ke rumah di Kampung Jatisari Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut harus transit dulu di Tasikmalaya dan Terminal Guntur Garut. Karena berangkat malam sampai di Garut kira jam 7 Pagi.  Nah dari Tasik ke Garut itulah ibu saya kecopetan.Namun Alhamdulillah masih beruntung yang dicopet hanya HP jadul dan uang tidak seberapa, karena mungkin ketika memasukan dompet kurang dalam.

Kembali ke “kontek diatas”, kata masih untung akan terus menempel pada diri pribadi kita masing-masing sampai kapanpun, sebagai contoh waktu ketika ada gempa tahun 2006, saya masih untung selamat, masih untung tidak terkena reruntuhan, masih untung bisa makan tanpa bantuan, masih untung bawa dompet, masih untung tidak kehujanan dan sebagainya. Sehingga dibalik ada musibah yang menghampiri kita, Insya Allah kita akan tetap diberikan nikmat yang namanya “keberuntungan”.

Anda bisa lihat potret diatas, masih beruntung kita ini bisa Online, Bisa FB, Bisa Nge-blog, berbayar lagi, sementara disana masih banyak saudara-saudara kita yang kurang beruntung, untuk makan saja harus meminta-minta. Subhanallah….

Jadi diantara musibah, sebenarnya ada nikmat yang terkandung yaitu nikmat “keberuntungan” kita yang disampaikan oleh kita sendiri maupun orang lain sebagai do’a agar kita selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah member kita keberuntungan tersebut.

Semoga bermanfaat

26 Responses

  1. Hendro 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  2. agoest 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  3. Denuzz BURUNG HANTU 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  4. Madzhab Bisnis OnLine 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  5. Zippy 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  6. lozz akbar 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  7. adetruna 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  8. Blog Corner 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  9. adetruna 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  10. eser 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  11. dHaNy 6 years ago
    • mas tony 6 years ago
  12. atikah 6 years ago
  13. fendik 6 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: