Green Blog Indonesia

 Lingkungan

Green Blog Indonesia

Sedikit cerita, Saya setiap hari bergumul dan bercengkrama dengan masalah lingkungan hidup, pekerjaan saya yang mengharuskan hal tersebut. Mulai dari AMDAL, kasus  lingkungan dan lain-lain. Walaupun latarbelakang keilmuan saya administrasi negara, tetap dituntut untuk mempelajari hal-hal yang “berbau-berbau” (pencemaran).  Banyak hal dan ilmu yang harus dipelajari untuk menyesuaikan.

Untuk kemudian saya mencoba membangun sebuah blog personal, tentu seharusnya basic yang saya bangun tidak lepas dari masalah lingkungan, walaupun akhirnya yang muncul gado-gado alias campur aduk , itulah perjalanan blogging yang tercipta. Belum menemukan mindset yang tepat, alasan klasiknya seperti itu, :ngakak

Berbicara masalah green blog  (blog hijau) Indonesia, bukan yang “masih hijau” lho ya, saya baru menemukan 2 blogger yang mengupas masalah lingkungan, mungkin masih ada yang laen saya belum tahu. Kalo ada silahkan tambahkan di komentar.

Alamendah

Blog yang satu ini masih setia dan focus pada masalah lingkungan , dengan gayanya yang oke, mampu menyajikan satu sajian lingkungan yang diminati banyak orang, saya sendiri belum terlalu mengenal blog ini, maklum jarang BW. Tapi ke “green” nan nya betul-betul konsis. Semoga langgeng.

Indohijau.net

Blog pertama mas Aldy ini khusus mengupas yang hijau-hijau, maklum saja beliau yang seorang rimbawan tentu pengen sharing masalah yang hijau-hijau, namun lebih pada masalah kehutanannya dibanding lingkungan hidup, memang tidak ada batasan yang jelas antara lingkungan dan kehutanan. Namun sepertinya blog ini sekarang agak di anak tirikan (opini saya sih) karena mas Aldy sibuk dengan 2 blog barunya hehe dan kayaknya sekarang lebih ke spesialis WP theme.

Lantas gimana dengan blog ini

Saya sendiri cukup senang juga bahwa keyword yang masuk blog ini yang “hijau” masih mendominasi dan bersaing dengan keyword “title blog”, itu sepertinya bila saya konsulkan pada master motivasi pasti saya disuruh milih focus ke lingkungan hidup saja (ketok-e).

Sebenarnya masalah lingkungan hidup tidak akan ada  habisnya bila dikupas, dimana setiap orang kadang tidak menyadari terhadap hal-hal yang berbau “lingkungan” ini yang muncul disekitar kesehariannya. Catatan saya sendiri masih banyak yang belum sayapelajari dan tulis mengenai hal “lingkungan” tersebut antara lain AMDAL, Biopori, Adipura, Kalpataru, Keanekaragamanhayati dan lain-lain.

So gimana nih pendapat dan saran anda?

Author: 

14 Responses

  1. iskandaria13/01/2011 at 1:33 PMReply

    Saya suka blog alamendah yang fokus pada tema lingkungan dan alam, walau saya jarang sekali komen di situ. Tapi salut banget atas idealisme pengelolanya yang konsisten.

    Untuk blog ini, ya sebaiknya isi saja dengan konten yang mas Tony sukai dan juga kuasai. Nggak perlu kecewa kalau nanti jadi minim komentar. Kalau trafiknya bagus, kan nggak masalah. Toh kita ngeblog bukan sekedar nyari komentar kan? :P

    • Author

      mas tony14/01/2011 at 10:54 AMReply

      Masukan yang bagus mas Is, sebenarnya tetap berkeinginan untuk fokus ke LH, tapi blog gado2 masih enak kayaknya…..

      Untuk komentar saya ga terlalu risau, dikomentari syukur ga juga gapapa, soalnya saya juga ga intens koment di blog lain. jarang BW juga.

      Soal kunjungan, masih saya perjuangkan paling tidak dari SE

  2. atikah13/01/2011 at 4:02 PMReply

    Kalo mau fokus ke satu bahasan aja, mungkin bisa, tapi jadinya sempit postingannya.
    Kalo punya blog lebih dari satu bisa juga dicoba.

    • Author

      mas tony14/01/2011 at 10:55 AMReply

      Kalo fokus dan itu sesuai kompetensi kita dan keilmuan kita saya kira lebih bagus dari pada jadinya cuma setengah-setengah ilmunya kayak blog ini. hehe

  3. sumaryono13/01/2011 at 10:55 PMReply

    numpang lewat

    • Author

      mas tony15/01/2011 at 4:58 AMReply

      belum dilarang…….

  4. Agus Siswoyo14/01/2011 at 1:45 PMReply

    topik lingkungan hidup bukan hal yang mudah untuk dibahas. salut buat kawan-kawan yang konsist di bidang tersebut.

    • Author

      mas tony15/01/2011 at 4:57 AMReply

      kalo secara ke ilmuan iya mas, karena lingkungan itu luas dan menyangkut semua bidang apa saja.

      Mungkin nanti kontek saya kalo memang fokus ke lingkungan lebih ke sharing pengalaman saya saja selama 12 tahun kerja di lingkungan hidup.

  5. Robby Gondez15/01/2011 at 1:57 PMReply

    say good for green blog Indonesia..
    fokus satu bahasan (greening) dan komitmen!!! thanks sharingnya…

    • Author

      mas tony20/01/2011 at 1:39 PMReply

      makasih juga kunjungannya

  6. rere20/01/2011 at 1:41 PMReply

    go green, i like it

    • Author

      mas tony20/01/2011 at 2:06 PMReply

      hmm…

  7. Marwan29/04/2012 at 6:08 AMReply

    Menarik, saya juga ngelola blog lingkungan hidup (Greenpressreport.com) silakan mampir bro. Semoga bermanfaat.

  8. Harso05/06/2012 at 9:49 PMReply

    Sudah waktunya kembali ke alam…Saya juga membbuat kegiatan serupa dengan usaha saya membuat furniture dari kertas koran bekas. Silakan kunjungi http://www.paperfurniture.net

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: