Spesial tanks to….

 blogging

Spesial tanks to….

Ini adalah sedikit ucapan terima kasih saya buat salah satu rekan blogger yang telah memberikan masukan berharga buat saya, namun saya tidak hanya mengucapkan terima kasih saja saya membagi sedikit pengalaman saya sebagai pemula.

Beberapa hari lalu blog ini selesai ikutan kontes SEO yang diadakan oleh blogger muda sukses Danu Akbar, lalu apa yang didapat? Menangkah? Mustahil tentunya, bagaimana bisa blog baru yang belum tahu seluk beluk SEO, blog dumy, team work dan lain-lain  bisa menang……

Tapi apakah tidak ada keuntungan yang dipetik dari Kontes SEO tersebut. Saya membagikannya untuk anda  :

Sinisme

Pertama kali mengikuti kontes SEO untuk blog seumuran blog ini tentu menimbulkan tanda tanya besar dalam hati narablog dengan bahasa masing-masing, yang lebih parah tentu sinisme dan cemoohan dalam hati. “ini blog baru lahir aja kok kemaki mau ikutan kontes, emang bisa apa?”, yang mungkin bikin kuping kita menjadi merah karenanya (kalo denger sih), tapi semua itu harus kita terima wong kenyataanya memang begitu adanya.

Ya begitulah mungkin anda pernah mengalaminya kalo tidak semoga tidak terjadi , namun justru dengan hal tersebut dapat memberikan motivasi buat kita terus semangat belajar.

Dukungan

Point inilah “inti dari judul postingan saya kali ini”

Inilah modal utama yang saya dapat ketika ikutan kontes kemaren, dukungan itu saya dapat dari seorang blogger yang berbaik hati mau memberikan kritikan, nasehat, saran dan dukungan pada blog ini, narablog dimaksud adalah Mas Octa Dwinanda dan mungkin beserta kontributor Gado-Gado. Info lainnya.  Saya bersyukur beliau telah memberikan saran yang membangun tidak hanya pas ikutan kontes, namun ternyata sangat berguna terhadap blog ini.

Karenanya melalui tulisan ini saya sekali lagi mengucapkan terima kasih buat Mas Octa Dwinanda dan saran saya untuk untuk blogger baru yang ingin ikutan kontes carilah dukungan sebanyak-banyaknya,  cuma jangan ngemis ya! hehe

Pembelajaran

Pembelajara? Ya pembelajaran saya dapat ketika ikutan kontes ini, banyak pelajaran yang bisa saya dapat dari ikutan kontes, terutama masalah berkaitan dengan index di Google, berkat hal tersebut sedikit demi sedikit saya mulai mencari referensi berkaitan dan info dari banyak rekan-rekan blogger. Hasil pembelajaran tersebut untuk kemudian saya coba untuk dipraktekan, walaupun hasilnya belum seberapa namun, sebagaimana disampaikan rekan-rekan blogger, kita harus trial n error.

Pengenalan blog dan traffic

Untuk traffic, walaupun tidak seberapa yang saya dapatkan, minimal dengan mengikuti kontes ini, blog ini dikunjungi oleh rekan blogger yang ikutan daftar, hal ini dikarenakan daftarnya duluan jadi dikunjungi sebagai referensi hehehe. Blog begini kok jadi referensi, yang bener aja!

Otomatis kunjungan pada blog kita menjadi naik walaupun tidak signifikan.

Itulah sekelumit pengalaman yang berharga yang saya dapatkan ketika ikutan kontes, untuk blogger baru semoga anda manfaatnya dan senantiasa belajar dari kekurangan-kekurangan yang ada untuk maju kedepan lebih baik

Untuk mas Octa Dwinanda tidak ada yang bisa saya berikan kecuali hanya  backlink, semoga saran masukannya terus buat saya.

Semoga bermanfaat

Author: 

26 Responses

  1. agoest29/12/2010 at 5:02 PMReply

    siapa untng siapa buntung dalam kontes SEO?
    penyelenggara tentu untung,peserta pasti buntung,walaupun menang,peserta ada di pihak yang di rugikan…

    peserta tidak akan memperoleh apa-apa selain capek…
    hanya semakin menancapkan keyword sesuai yg di inginkan penyelenggara..sementara keyword blog peserta justru tenggelam..

    yang untung jelas penyelenggara kontes SEO,ribuan baclink gratis mereka dapat,mereka dengan gagahnya dapat berteriak bahwa sebenarnya itu adalah pembunuhan blog anda secara perlahan dan tidak anda sadari,padahal bagi para pemuja dan pemeluk agama tutorial,baclink adalah harga mati dan tidak bisa di tawar lagi..

    peserta menjadi buntung?
    nggak juga,toh mereka juga tidak mengeluarkan modal untuk ikutan kontes SEO,dan sampai saat ini saya belum pernah mendengar kontes SEO dengan memungut uang pendaftaran…dan juga para peserta tidak kehilangan waktu,toh selama ini kerjaan peserta juga buang-buang waktu dengan pekerjaan yang kurang kerjaan…

    kalau kena kibul/tipu mungkin iya..kalau di bodohi oleh penyelenggara kontes mungkin iya…karena peserta tidak pernah mendapat untung,pada beberapa kontes yang lalu saya pernah memperhatikan 5 blog dari salah satu kontes SEO yg bertagline “menjadi blogger yang bahagia” ..sampai lomba berakhir,blog para peserta juga tidak mengalami peningkatan traffic yang berarti,karena ternyata keyword lomba justru mengarah ke penyelenggara kontes SEO jika di lihat di SERP google…

    dan keyword blog mereka justru tidak bisa menjadi penyangga di SERP google,artinya blog mereka tertindas oleh keyword blog orang lain atas inisiatif mereka sendiri,dalam kata lain mereka membunuh blog mereka sendiri tanpa mereka sadari…

    • Author

      mas tony29/12/2010 at 8:08 PMReply

      Waw sebuah pembelajaran ke dua yang berarti bagi saya yang bener OON nih mas Wid, saya sendiri mengenal namanya backlink baru beberapa minggu ini setelah saya ikutan kontes tersebut dan menurut beberapa narablog hal itu sangat berarti untuk bisa menang Kontes SEO.

      Yang saya dapat dari kontes ini justru banyak pembelajaran kelanjutannya ya termasuk ulasan dari mas Widodo ini.

      Mengenai untung dan buntung saya sendiri merasa tidak dirugikan, saya merasa tetep diuntungkan, eettt sebentar jangan di sanggah dulu. Saya baru 1 bulanan nge-blog lho waktu ikutan kontes, berarti dengan ikutan itu blog saya bisa dikenal tanpa harus BW n promosi kan?

      Tapi sebentar….. saya garis bawahi dulu bukan dari SERP Google tentunya wong ga masuk dalam 30 besar lah minimal, yang saya sampaikan dari nama yang daftar. Karena daftar duluan mas!

      Ketertindasan yang terjadi mungkin lebih disebabkan karena banyak blog yang mengganti keyword title yang seharusnya sudah menancap dan akrab di Google, dialihkan pada keyword yang dilombakan, akibatnya ya malah bukan peningkatan tapi penurunan akibat tidak terindex bagus, bener ga ya? Mohon koreksi.

    • pututik30/12/2010 at 5:10 PMReply

      analisa mas agoest banyak benarnya, namun dengan untuk beberapa orang yang bekerja di perusahaan dan dibayar untuk itu kadang test di situs buatannya sendiri menjadi mahal ilmunya jika berhasil dalam serp terlebih sem. nice post mas agoest dan mas tony salam kenal.

  2. tomi30/12/2010 at 1:01 AMReply

    mungkin koment mas agoest ini lah yg membuat saya malas ikutan kontes SEO padahal dah ngeblog selama 1 tahun..
    bukan masalah untung rugi tp memang menurut saya kurang bermanfaat dan malah mengacaukan pencarian di SERP karena hasil pencarian jadi kurang relevan.
    dan kalau saya sih membuang waktu pak. hehehe

    • Darin30/12/2010 at 1:17 AMReply

      idem dengan mas Tom.
      Lebih baik kita konsen dgn menulis hal2 bermanfaat saja bagi diri sendiri, syukur2 bagi orang lain :)

    • Author

      mas tony30/12/2010 at 7:21 AMReply

      @ Mas Tomi :
      Ketika saya mengikuti kontes tersebut saya tidak berfikir sampai sedemikian jauh mas Tom, ya mungkin karena ketidakfahaman saya, tapi dari kontes tersebut saya banyak pembelajaran seperti yang saya sampaikan diatas, ditambah masukan rekan-rekan semua.

      Kalo membuang waktu saya mungkin kurang sependapat mas, toh waktu menulis artikel kontes kemarin waktu saya juga sama dengan menulis artikel laen, dan materinya mohon maaf, bener-bener hanya sekedar menulis saja. kalo lantas kita terpaku pada kontes tersebut, mungkin iya mas, cuma buang-buang waktu saja.

      Artikel bermanfaat?, saya setuju hal itu, karenanyapun saya berharap dengan postingan dan komentar saya berharap banyak hal yang bisa kita ambil hikmah dan manfaatnya

      @ Mas Darin :
      Saya mencoba kontes juga saya nyontek postinganya mas Darin lho! Kalo ga salah Menjadi Blogger Yang Bahagia, hehe salah apa bener, mohon koreksi
      Tapi idem juga untuk artikel yang bermanfaat, paling tidak untuk diri sendiri dulu.

      All: Makasih masukannya

  3. coretan rizal30/12/2010 at 2:37 PMReply

    salam blogging :)

  4. lawang post30/12/2010 at 5:03 PMReply

    numpang baca2 pengalamannya masbro.. buat pembelajaran ane nyang masih newbie :D

    • Author

      mas tony31/12/2010 at 7:37 AMReply

      asal jangan jadi newbie terus ya, saya pengen beranjak…

  5. r1030/12/2010 at 6:01 PMReply

    paling tidak hasil dari kontes SEO blog ini telah meraih alexa 500 ribuan :D

    anyway, drpd ikut kontes seo seperti itu, bagaimana bila fokus pada mencari keyword yang dapat meningkatkan trafik blog dari om Google :D

    seperti saya ini, masih mencari2 keyword yg pas buat blog saya, agar trafik naik dari 100-200 pengunjung sehari, menjadi 5000 pengunjung sehari (entah kapan itu terjadi) :ngacir2

    • Author

      mas tony31/12/2010 at 7:36 AMReply

      Itu mungkin hanya efek saja, kalo update terus katanya Alexa juga bisa turun, tapi point fokus mencari keyword itu juga sedang saya cari gan sambil belajar, cuma keywordnya blog ini sepertinya lebih ke masalah LH yang blm banyak peminatnya, mau ganti haluan kok sepertinya saya ga punya basic n harus belajar dari nol.

      Waw semoga jadi kenyataan gan, laris manis kaya FB n Tw…..

      Makasih masukannya

  6. eser30/12/2010 at 9:28 PMReply

    Malas ikut kontes bro, apalagi koneksi saya lemot… Blogwalking aja susah apalagi mau tanam backlink

    • Author

      mas tony01/01/2011 at 3:45 PMReply

      Gapapa bro, lagian saya ikutan juga asal-asalan tapi malah dapat pelajaran apalagi setelah saya share disini. Dengan pendapat temen2 jadi masukan buat saya

  7. Blogger Pemula31/12/2010 at 10:48 PMReply

    Semoga sukses dengan pembelajarannya…tp salut bwt mas, karena sy pribadi sampe saat ini belum berani ikut kontes SEO. Hehehe

    Salam Kenal. :2thumbup

    • Author

      mas tony01/01/2011 at 3:33 PMReply

      modal nekat justru karena ga mudeng mas, tapi dengan saya sharing justru tambah pembelajaran yang saya dapat, salam kenal kembali

  8. nitnot01/01/2011 at 9:40 AMReply

    semangat terus buat blogger….

  9. Abdul Hakim01/01/2011 at 11:53 AMReply

    memang capek mas, kalo bukan ahlinya, tapi kalo sudah ahli waktu yang dibuang sia-sia pasti ada hasilnya dengan memenangkan kontes tersebut….

    • Author

      mas tony01/01/2011 at 3:35 PMReply

      untuk menjadi ahli bukan dari sulapan kan mas? Seorang profesor harus melalui SD sampai S3 untuk meraih gelar tersebut, banyak pembelajaran yang sangat penting yang saya dapat mas Hakim

  10. lozz akbar01/01/2011 at 2:41 PMReply

    Cuma mampir mas Tony.. sambil baca – baca. untuk komennya selamat tahun baru 2011 aja buat anda sekeluarga.. maklum blog saya baru seumur jagung, jadi ora mudeng apa itu SEO :cd

    • Author

      mas tony01/01/2011 at 3:38 PMReply

      Perasaan umurnya ESSIP sama deh sama Mas-Tony, malah banyakan artikelnya Mas Lozz, yang penting dapat ilmu mas! Selamat Tahun Baru Juga buat Mas Lozz sekeluarga salam dari mbantul. Kalo ada maen ke Merapi mampir aja.

  11. andi sakab06/01/2011 at 3:30 PMReply

    yang terpenting semangat dan berkarya. engga melihat baru atau tidaknya. :)

    saya juga masih blogger pemula yang baru seumur jagung. wong blog aja belum ada satu bulan :mrgreen:

    mari kita semngat dan memeriahkan nuansa blogosphere

    • Author

      mas tony07/01/2011 at 8:00 AMReply

      Saya setuju mas, dengan mencoba sesuatu yang baru kita jadi tahu kekurangannya, dan justru ada pengalaman dari rekan2 menjadi bahan juga untuk meraih harapan selanjutnya. Masalah sukses dan tidak akhirnya saya berfikir hanya masalah waktu saja

      Blog baru tapi seleb sama saja gan! hehe banyak penggemar!

  12. jarlok.com06/01/2011 at 7:16 PMReply

    Pernah ikutan sih kontes SEO tp jadi cape krn sperti dikejar deadline.. padahal kalau dipikir hadiahnya jg ga seberapa..

    tp ada sisi positifnya jg krn artikel yg diikutin kontes jd punya PR..walalupun ,emang ya kita sdh memberi backlink gratis bagi penyelenggara kontes seo.

    Disisi lain kontes seo jg bisa menambah ilmu krn kita jd tau tempat2 menanaman backlink dan menambah teman dengan saling mendukung.

    • Author

      mas tony07/01/2011 at 8:02 AMReply

      Jangan dibuat capek gan, semangat saja kalah menang itu bukan yang utama yang penting pembelajaran dan pembuktian bahwa yang kita belajar harus ada peningkatan, masak cuma belajar mulu ga pernah dicoba, kapan goalnya?
      Salam hangat dari mbantul

  13. lirik lagu smash20/02/2011 at 7:06 AMReply

    saya juga kepengin ikutan kontes mas ,,pengin njajal kemampuan seo saya,,walaupun masih pemula

    • Author

      mas tony22/02/2011 at 7:43 AMReply

      Kalo memang serius ingin belajar ya harus ikutan kontes, karena bisa jadi ukuran keberhasilan pembelajaran kita

Leave a Reply

Anti-Spam Quiz: