“Kampung Hijau” Kampanye Lingkungan Menuju Bumi Lebih baik

“Kampung Hijau” Kampanye Lingkungan Menuju Bumi Lebih Baik

Judul Postingan saya kali ini berkaitan dengan kampanye lingkungan lebih baik yang dilakukan oleh tempat saya bekerja. Dalam beberapa hari yang lalu saya bersama-sama teman telah melaksanakan evaluasi penyelenggaraan kampung hijau khusus untuk di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelumnya;

Mungkin diantara rekan-rekan semua ada yang pernah ke Kampung Naga? Ya kurang lebih intinya hampir sama seperti keadaan di Kampung Naga, dimana kampung dikelola dengan basis kemasyarakatan untuk mencapai sejahtera dengan pedoman pembangunan berkelanjutan dan menggunakan prinsip-prinsip lingkungan hidup.

Kampung merupakan basis komunitas yang mencakup wilayah tidak luas, dimana warga saling mengenal dan bekerjasama mengembangkan kehidupannya maupun memecahkan permasalahan dan menjawab tantangannya. Pemahaman sederhana ini setidaknya mengindikasikan suasana kehidupan yang masih diwarnai kekeluargaan, rasa solidaritas dan kegotongroyongan yang tinggi. Potensi dan dinamika masyarakat  tersebut berguna untuk mengembangkan komunitas sejahtera dan berkelanjutan yang disebut KAMPUNG HIJAU

Namun kenyataan dan tantangan yang ada justru banyak kampong-kampung baik di desa maupun dikota masih tertinggal, dimana kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan social masih menjadi isu utamanya.

Indonesia sendiri termasuk Negara yang tertinggal dalam pencapaian Milenium Development Goal, data dari A Future Within Reach menempatan Indonesia dalam kategori terbawah.

Karenanya dibutuhkan sebuah program untuk mewujudkan gagasan diatas melalui aksi nyata mewujudkan sebuah kampong yang menerapkan asas pelestarian fungsi lingkungan baik komponen biotis, abiotis, maupun komponen social, ekonomi, budaya dan kesehatan masyarakat sebagai upaya mensejahterakan warga kampong dengan memperhatikan keberlangsungannya untuk sekarang dan masa mendatang.

Gerakan akar rumput yang merupakan perwujudkan partisipasi masyarakat, merupakan modal dasar untuk mewujudkan Kampung Hijau. Kekuatan akar rumput merupakan kesadaran yang tumbuh dan berkembang untuk menjadi energy penggerak tindakan nyata dalam pencapaian kesejahteraan dengan konsep berkelanjutan.

Mari Wujudkan “Kampung Hijau” untuk bumi lebih baik

Semoga bermanfaat