Jatidiri Blog

Dalam memulai blogging tentu kita sekalian telah memikirkan apa yang akan menjadi ciri khas atau identitas dari blog yang kita bangun, apalagi bagi blog yang ingin menjual. Nah pertanyaanya apa jatidiri blog anda?  Apakah anda sekalian sudah punya ciri khas identitas blog?

Sedikit mengulas, Jatidiri

Sebenarnya apa sih jatidiri itu sendiri? Ada sebuah pengertian : Sesuatu yang menggambarkan secara esensial tentang seseorang seperti karakter, sifat, watak, kepribadian dan moralnya. Karenanya Jatidiri blog sangat penting untuk membangun citra atau brand, karena setiap pengunjung tentu akan sangat mudah menghafal setiap blog yang dikunjungi ketika identitasnya jelas.

Coba anda anda lihat blog Agussiswoyo, Fadly Muin dan Arief Maulana dengan Motivasinya, Joko Susilo dengan blog bisnisnya, ato Blognya Kang Rohman, Cosaaranda, Maya dengan tutorialnya kesemuanya sudah punya identitas yang jelas, sehingga ketika kita butuh sesuatu yang berhubungan dengan topic yang ingin kita peroleh, kita bisa tahu dimana kita bisa mengunjunginya.

Bagaimana dengan blog ini?

Sebagai blogger baru saya sendiri belum menentukan kearah mana blog yang saya bangun ini mau saya identitaskan, mengingat postingan yang saya bangun masih sebatas yang bersifat umum dan pengetahuan saya mengenai dunia blogsphere masih awam. Yang saya lakukan sekarang ini baru sebatas bisa berbagi informasi yang saya punya, inspirasi yang berguna yang bisa saya sebarkan dan bagaimana bisa memberikan motivasi kepada saya sendiri untuk terus blogging dan melakukan update postingan.

Harapannya sih bisa jadi blog yang bersifat :

  • informatif – memberikan informasi-informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • edukatif – mencerdaskan pembacanya.
  • inspiratif – membuat para penikmatnya menemukan ide/pemikiran/impian baru dalam hidup.
  • transformatif – pembaca tidak hanya menemukan gagasan baru, namun juga melakukan gelombang perubahan.

Namun tentu masih perlu pembelajaran panjang untuk menuju hal itu dan hanya semangat yang bisa mengantarkannya serta tentu saja konsistensi dan eksistensi.

Paling tidak dengan belajar dengan blogger-bloger yang sudah eksis dan sudah memiliki identitas akan menambah wawasan kita dan menjadikan referensi akan kearah mana blog yang telah kita bangun.

Semoga bermanfaat