Bertawakkal kepada Allah

Bertawakkal kepada Allah Subhanahu wata’ala mungkin itu kata yang tepat untuk kita lakukan di tengah bencana alam yang menimpa kita. Bagaimana tidak belum lagi selesai dengan banjir bandang yang menimpa Wasior , Gempa dan tsunami terjadi di Kepulauan Mentawai dan berbarengan dengan itu Gunung Merapi meletus. Subhananllah. Tidak sedikit korban jiwa yang menyertainya , belum lagi pemberitaan di media massa banyak yang menyebutkan bahwa ada beberapa gunung api yang mulai menunjukan peningkatan status.

Banyak tenaga ahli yang menyebutkan bahwa memang kita di Indonesia ini ditakdirkan berada di daerah rawan bencana terutama gempa. Karenanya apa yang harus kita lakukan? Saya tidak tahu apakah anda sependapat dengan saya. Yang kita lakukan hanyalah berserah diri kepada Allah. Kalaupun kita mau menghindar dari bencana yang melanda negeri ini, kemanakah kita akan lari?

Bagimana dengan penguasa negeri ini? Ditengah bencana yang melanda negeri ini tentu banyak pendapat, kritikan yang tajam kepada pemerintah mengenai ketidak becusan pemerintah dalam menangani bencana yang silih berganti tersebut. Pemerintah dinilai lamban memberikan penanggulangan, sebagai contoh dengan tidak berfunfsinya early warning system di Mentawai dan evakuasi warga merapi sehingga timbul korban jiwa, Namun apakah hal tersebut  memang kesalahan pemerintah / penguasa belaka?

Sesungguhnya kita sebagai manusia tidak mampu untuk menentang musiibah yang menghinggapi kita dan manusia tidak mampu menolak bencana karena kita diciptakan sebagai makhluk yang lemah dan hanya dengan bertawakkal kepada Allah lah kita menjadi kuat, sebagaimana  Allah berfirman  dalam QS al Maidah  :23  yang artinya

“ Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal jika kamu benar-benar orang beriman” .

Karenanya apakah yang akan kita perbuat dengan berbagai musibah yang melanda kita semua anak negeri Indonesia tercita ini kalo tidak bertawakkal kepada Allah, mari kita jadikan moto dan syiar hidup kita :

“ Hasbunallah wanikmal wakil” , karena  “hanya Allah yang bisa menjadi pemberi petunjuk dan penolong kita semua” QS al-Furqan : 31.

“Ketika engkau merasa perlindungan Allah selalu menyertaimu maka tidurlah, karena semua  perkara pasti terselesaikan”

Semoga bermanfaat