Bersyukur itu lebih berat daripada bersabar

Kita selalu diuji oleh Allah dengan kesusahan dan nikmat yang silih berganti. Apa saja pergolakan dan perubahan yang berlaku dalam hidup kita hanya mempunyai dua bentuk. Ujian kesusahan atau kenikmatan. Atas kedua bentuk inilah hati kita perlu menerimanya dengan betul yaitu bersabar ketika menerima kesusahan dan bersyukur apabila dikaruniakan nikmat.

Bersabar itu lebih susah dan berat karena melalui kesusahan, keresahan, tekanan dan penderitaan, Emosi, fikiran dan ketenangan jiwa kita menjadi tergangggu, sedang bersyukur nampaknya lebih senang dan mudah karena hati kita berada dalam keadaan tenang dan gembira, tidak ada tekanan dan penderitaan.

Namun hakekatnya tidak demikian.

Allah dalam Qur’an Surah As-Saba: 13 berfirman “Sedikit sekali dari hamba-Ku yang bersyukur”.

Syukur yang benar-benar syukur itu adalah syukur yang diucapkan oleh lidah, dirasakan oleh hati dan dilaksanakan dalam perbuatan. Jadi disamping mengucapkan “Alhamdulillah”, dirasakan dalam hati bahwa Allah telah memberikan nikmat kepada kita, nikmat itu  mestinya digunakan atau dikorbankan ke jalan Allah. Kalo kita diberi kekayaan, perlu digunakan ke jalan Allah untuk kemiskinan, untuk kemaslahatan umat. Kalo kita punya sedikit ilmu, sebarkan dan berikan manfaat kepada yang laen.

Termasuk kalo punya ilmu blogging, bisnis online ya, jangan pelit untuk berbagi ilmunya hehehe :thumbup

Allah kembali mengingatkan kita dalam surah Ibrahim :7 “kalau kamu bersyukur atas nikmat-nikmat-Ku. Aku akan tambah lagi nikmat-nikmat-Ku. Tetapi kalau kamu kufur nikmat, ingatlah sesungguhnya siksa-Ku amat pedih”

Jadi dalam bersyukur itu ada tugas, ada kerja dan tanggungjawab yaitu menggunakan dan mengorbankan segala nikmat yang diberikan Allah ke Jalan Allah, Nikmat yang didapat perlu kita urus dan gunakan di jalan yang benar. Sedangkan dalam bersabar, tidak ada kerja atau tambahan tanggungjawab laen selain menahan perasaan.  Sehingga mengapa Allah sampai berfirman bahwa yang bersukur itu hanya sedikit dari hamba-Nya, itu karena bersyukur itu bukan sesuatu yang mudah.

Semoga bermanfaat

mas-tony

sumber buku : mutiara amaly volume 74

10 Responses

  1. aming 7 years ago
    • mas tony 7 years ago
  2. Murahan 7 years ago
    • mas tony 7 years ago
  3. maria 7 years ago
    • mas tony 7 years ago
  4. Carter Chernesky 7 years ago
  5. Ami 7 years ago
    • mas tony 7 years ago
  6. rul 7 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: