Tutorial / Petunjuk

Pengalaman nyata ketika saya bersama keluarga pergi liburan di sebuah wahana permainan anak-anak di Piyungan Bantul Yogyakarta pada tanggal 17 Oktober 2010, ketika itu kami akan antri untuk masuk mencoba  jurasiq park, pada saat antrean panjang tiba-tiba saja ada seorang bapak bersama keluarga heboh tidak membawa  karcis masuk, dan hanya membawa struk tanda masuk wahana padahal antrian sudah mencapai setengah jalan, lalu apa yang terjadi? Bapak beserta keluarga tadi keluar dari antrian dan meminta penjelasan kepada petugas pemberi karcis masuk dan tentunya mengantri kembali . Bayangkan kalo hal tersebut menimpa anda, tentunya kecewa bukan!

Kata apa yang bisa kita pelajari dari hal ini….. ya kita sepakat “PETUNJUK”

Ketika tadi si Bapak diberikan tutorial / petunjuk yang jelas ketika baru masuk mengenai “syarat dan ketentuan” bermain di wahana dimaksud tentu si bapak dan keluarganya tidak akan mengalami hal tersebut.

Lalu saya contohkan satu hal lagi, coba kalo anda sekalian bertemu dengan baliho iklan / reklame provider telekomunikasi tentang telpon murah, sms gratis dan sebagainya, pernah anda mengamati sering ada tulisan kecil dipojok bawah dengan huruf yang luar biasa kecilnya dibandingkan dengan huruf iklannya ya “syarat dan ketentuan berlaku”, Hakkul yakin bahwa 80 % tulisan “syarat dan ketentuan berlaku” pasti dibuat dan dirancang dengan tulisan kecil dan sudah dibaca, benar bukan! Sehngga ketika anda mencoba layanan tadi ya anda bersiap-siap kehilangan pulsa anda, semoga saja tidak.

Ato mungkin anda pernah mengalami mengenai investasi online, ini pengalaman pribadi saya juga sebelum belajar blog dan bisnis online, karena saya terjebak kata-kata mutiara yang ada di depan tanpa saya baca sampai detail ke bawah karena memang tulisan yang ada di bawah dibikin “remang-remang”, ya uang saya melayang dengan percuma tanpa hasil apapun sampai sekarang.

Dari cerita itu kita menjadi sadar bahwa petunjuk dan tutorial adalah bagian penting dari suatu keputusan apakah kita akan membeli atau tidak suatu layanan. Kalo anda membeli begitu saja tanpa petunjuk dan ternyata anda kecewa, apa yang akan terjadi?

Ada suatu cerita, pada suatu ketika anda  mengemudikan mobil dan masuk kesebuah jalan karena ada tanda untuk masuk kejalan tersebut. Tiba-tiba Polisi menyetop kendaraan anda karena dianggap masuk ke area terlarang. Anda tentu saja ngotot karena merasa tidak merasa bersalah. Tapi jangan buru-buru berargumen, karena polisi tadi membawa kepada anda papan tersebut dan menunjukan tulisan dibawah rambu yang ditulis dengan huruf kecil yang tulisan “syarat dan ketentuan berlaku! Apa yang terjadi? Simpulkan sendiri saja ya…

Last…. Apa yang yang bisa kita petik pelajaran hari ini,

Petunjuk yang jelas akan memudahkan konsumen ketika membeli dan menikmati produk yang akan kita tawarkan dan seharusnya petunjuk tersebut didapat ketika kita akan membeli suatu produk tentunya dan sebagaimana dikatakan oleh Rahmat Susanta, Pemimpin Majalah Marketing, “kewajiban seorang marketer-lah untuk memberi petunjuk yang jelas bagi konsumen” Jangan sampai konsumen membeli dan kecewa terus meninggalkan kita untuk tidak membeli produk kita selanjutnya terlebih-lebih mengajak konsumen lain untuk tidak memakai produk kita.

Semoga bermanfaat

Sumber inspirasi tulisan : Majalah Marketing Indonesia

Orang-orang yang berhasil akan mengambil manfaat dari kesalahan-kesalahan yang ia lakukan, dan akan mencoba kembali untuk melakukan dengan cara yang berbeda (Dale Carnegie)

4 Responses

  1. chokey 7 years ago
    • admin 7 years ago
  2. chokey 7 years ago
  3. Dedy 5 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: