Blogwalking : Antara Silaturahmi, Personal Branding dan Eksistensi

Kembali saya hadir menyapa anda, apa kabar semua hari ini, semoga selalu dalam lindungan Allah subhanahu wata’ala, Amien

Kali ini saya akan menyampaikan seputar blogwalking. Aktfitas yang satu ini senantiasa dilakukan banyak blogger terutama blogger pemula seperti yang saya. Kebetulan saya belum punya postingan yang banyak karena baru belajar menulis.

Sekedar refresh dulu , menurut mahesajenar.com melalui postingannya Blogwalking merupakan kegiatan menelusuri serangkaian blog, yang biasanya tercatat di dalam Blogroll ataupun dari daftar komentar suatu postingan, atau dari pesan di Shoutbox, atau bisa dari mana saja sih. Atau berjalan dari satu blog ke blog yang lain, mungkin begitu lebih tepat. Kegiatan ini lazim dilakukan dalam suatu blogsphere pada umumnya, dan suatu kelompok blogger pada khususnya, untuk saling mengetahui perkembangan blog blogger yang lain.

Definisi yang lain saya belum mendapatkan, namun intinya mesti sama “ kunjungan ke blog orang lain”, bener kan!

Dalam Kontek Silaturahmi

Didalam Islam, silaturahmi sangat dianjurkan oleh Rosul Muhammad SAW, karena dengan silaturahmi ini akan terjadi interaksi dan rasa saling menyayangi dan kekeluargaan yang erat, lantas bagiamana dengan blogwalking? Tentu anda sependapat kalo saya menyatakan bahwa aktifitas blogwalking ini sebagai ajang silaturahmi,saling memberikan masukan, saran bahkan kritikan. Dengan aktifitas blogwalking ini tentu persaudaraan akan menjadi lebih erat.

Hanya saja tidak jarang ketika bersilatuhami (eh blogwalking) hanya sekedar promosi alias “tolong dong kunjungi blog saya”, lalu dimana bentuk silaturahminya? hehe

Dalam Kontek personal branding

Bagaimana hubungannya dengan personal branding? definisi personal branding dari wikipedia , yakni memiliki arti :

Personal branding is the process whereby people and their careers are marked as brands . It has been noted that while previous self-help management techniques were about self-improvement , the personal branding concept suggests instead that success comes from self-packaging

atau inti dari personal branding adalah tentang bagaimana Anda melakukan self-packaging, dengan melakukan sesuatu hal yang memiliki nilai unique yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dan keuntungan dari personal branding ini adalah Anda lebih mudah untuk diingat dan menjual sebuah produk/jasa Anda di dunia nyata bahkan di internet.

Kalo dilihat dari definisinya memang secara langsung tidak ada hubungannya, namun aktifitas blogwalking itu sendiri secara tidak langsung akan memberi dampak positif terhadap branding yang sedang kita buat / melekat pada blog kita masing-masing.

Dalam kontek Eksistensi

Yang terakhir adalah eksistensi. Nah point inilah yang akan saya garis bawahi. Hasil pengamatan saya terhadap bebera blog seleb? Maksudnya yang dah kesohor gitu, aktifitas blogwalking ini bisa di bilang adalah eksistensi dan konsistensi, artinya apa? Kalopun aktifitas blogwalking tidak mereka lakukan toh, pengunjung sudah berlimpah ruah, bahkan ruang coment pun sudah penuh sesak jadi yang coment sampai-sampai coment terakhir tidak tau mau ditaruh dimanalagi tuh.

Karenanya aktifitas blogwalking ini bisa dibilang adalah eksistensi seorang blogger untuk selalu berkunjung dan saling mengunjungi sahabat/blog laen. Dengan demikian media interaksi yang dilakukan tidak hanya lewat posting yang telah mereka terbitkan namun juga saling mengunjungi web lain untuk lebih berbagi sesame blogger baik berkomentar mengenai poastingan ataupun mengenai theme, plugin atau aktifitas lain dari blog sahabat yang dikunjungi.

Ada yang mau menambahkan? Silahkan!

Semoga bermanfaat

14 Responses

  1. Darin 6 years ago
  2. Harits 6 years ago
  3. Abdul Hakim 6 years ago
  4. mas tony 6 years ago
  5. mas tony 6 years ago
  6. Zainur Rochim 6 years ago
  7. mas tony 6 years ago
  8. Agus Siswoyo 6 years ago
  9. mas tony 6 years ago
  10. Octa Dwinanda 6 years ago
  11. Octa Dwinanda 6 years ago
  12. mas tony 6 years ago
  13. Best Murottal 5 years ago

Add Comment

Anti-Spam Quiz: